SDN 2 Lembongan dan SMPN 4 Nusa Penida Dinilai Lomba PKTP

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - SD Negeri 2 Lembongan dan SMP Negeri 4 Nusa Penida terpilih mewakili Kabupaten  Klungkung dalam ajang Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi. Tim Penilai yang dipimpin Ny. Ayu Pastika disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Suwirta, KPD terkait, serta ratusan siswa di SD Negeri 2 Lembongan diujung Jembatan Kuning Lembongan - Ceningan, Jumat (20/10/2017).

SDN 2 Lembongan yang teletak di Pulau Nusa Ceningan ini merupakan sekolah Bupati Nyoman Suwirta dulu ketika mengenyam pendidikan ditingkat SD. Kontan saja Bupati Suwirta bernostalgia menceritakan bagaimana kisah masa masa SD-nya  yang sangat sederhana. “ Tidak ada buku tulis dan pensil seperti sekarang, dulu kami hanya memakai kraras dan grip, bahkan saya mesti membawa dulang kesekolah setiap hari, bukan untuk alas membuat sesajen, melainkan untuk alas belajar karena dulu disini tidak ada meja,” ujar Bupati Suwirta dihadapan para tim penilai yang berjumlah 8 orang ini.
Bupati Suwirta juga menyampaikan komitmen dan keberpihakan Pemkab Klungkug terhadap peningkatan kwalitas kesehatan. Salah satunya adalah dengan Perbup tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang sudah disahkan dan capaian ketaatan telah mencapai 82 persen. Berkat capaian ini Bupati Suwirta mengaku sering diundang untuk menghadiri konfrensi tentang KTR.  
Sementara itu Ketua tim penilai Ny. Ayu Pastika dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakanya lomba PKTP adaah untuk meningkatkan pemahaman akan bahaya kanker. Sehingga pencegahannya bisa dilakukan sejak dini serta bisa dilakukan sosialisasi kepada masyarakat umum. Melalui lomba ini juga diharapkan timbul kesadaran diri untuk menjaga dan menerapkan pola hidup sehat.
 Adapun kategori yang dinilai dalam perlombaan PKTP tahun ini meliputi: Kegiatan administrasi dan organisasi, kegiatan penanggulangan kanker, penyuluhan, kebersihan lingkungan sekolah, simulasi serta hasil yang dicapai.
Sementara itu Ketua YKI sekaligus Ketua Tim PKTP Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dalam laporannya yang dibacakan Kepala Sekolah SDN 2 Lembongan  mengatakan telah melakukan berbagai kegiatan untuk pencegahan kanker sejak dini. Diantaranya  sosialisasi penguatan kelembagaan organisasi dan administrasi serta program, pembentukan Tim PKTP (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna) Kabupaten dan Tim PKTP Program Sekolah SD, 8MP, SMA/K serta kelompok pelajar peduli kanker serta penyuluhan  kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok PKK / organisasi wanita, sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman pencegahan penyakit kanker.
(HUMASKLK/jim)

Related

Warta Semarapura 5174069082535677939

Post a Comment

item