Pengungsi dan Warga Rebutan Air


www.nusabali.com-pengungsi-dan-warga-rebutan-air

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pipa saluran air minum di Banjar Bujaga, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem, jebol. Akibatnya suplai air untuk warga setempat dan aliran Desa Pesaban, Kecamatan Rendang macet. Sebanyak 1.519 pengungsi dan warga Desa Pesaban rebutan air bersih yang disuplai PMI Provinsi Bali dan PMI Kecamatan Rendang, Karangasem.

Perbekel Desa Pesaban I Dewa Ketut Sarjana mengatakan, pipa jebol akibat tanah longsor di Banjar Bujaga, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Selasa (10/10). Material tanah longsor menyebabkan pipa patah dan air yang bersumber dari mata air Bujaga tidak bisa dialirkan secara gravitasi. Perbekel Dewa Sarjana mensyukuri krisis air bersih ini ditanggulangi oleh PMI Provinsi Bali, PMI Kecamatan Rendang, dan relawan. “PMI Bali dibantu relawan fokus salurkan bantuan air kepada warga Desa Pesaban dan pengungsi untuk keperluan dapur umum, mencuci pakaian, mandi, dan buang air di toilet umum di lima titik pengungsian,” terang Dewa Sarjana, Minggu (15/10).

Perbekel Dewa Sarjana mengatakan, pembagian air antara pengungsi dengan warga diperkirakan tidak berlangsung lama. “Kami telah memperbaiki saluran air dengan menyambung pipa yang jebol,” terangnya. Diperkirakan perbaikan tuntas pada Selasa (17/10). Setelah pipa terpasang, nantinya fokus melayani kebutuhan air untuk pengungsi. Tercatat dari 1.519 pengungsi di Desa Pesaban, tersebar di Banjar Pesaban Kangin (205 jiwa), Banjar Pesaban Pangejeroan (623 jiwa), Balai Desa Pesaban (376 jiwa), dan di rumah penduduk (315 jiwa).

Relawan PMI Provinsi Bali, I Wayan Aryawan mengaku berusaha memenuhi kebutuhan air untuk pengungsi dan warga Desa Pesaban. “Dua-duanya membutuhkan air, makanya kami atur di lapangan agar tidak krodit saat pembagian air,” jelas Aryawan. Tokoh Desa Pesaban, I Putu Dani Antara turut membantu di lapangan bagikan air agar warga mau antre. “Kami turut meyakinkan masyarakat agar bersabar antre. Pasti dapat air,’ kata Putu Dani. Salah seorang pengungsi di Pos I Bale Desa Pesaban, I Ketut Subrata mengatakan, meski suplai air dari pipa air milik Desa Pesaban jebol namun pasokan air tetap lancar. “Mobil tangki PMI silih berganti datang bawa air,” jelas Subrata, pengungsi dari Banjar/Desa Muncan, Kecamatan Selat. 

(NusaBali)

Related

Seputar Bali 1282216577016839413

Post a Comment

item