Fakta Unik Hotel Gantung Tebing Parang di Purwakarta


Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kini Indonesia memiliki sebuah hotel gantung yang dapat dinikmati oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara. Namanya adalah Skylodge Padjajaran Anyar di Tebing Parang, Purwakarta, Jawa Barat.
Penasaran bukan untuk mengetahui seperti apa hotel gantung ini? Berikut fakta-fakta yang dihimpun KompasTravel:

1. Dibuka untuk Umum
Sekitar akhir Oktober 2017, hotel gantung ini sudah dibuka untuk umum. Hingga Minggu (19/11/2017) sudah ada tiga tamu yang menginap, dan KompasTravel berkesempatan menjadi tamu ketiga untuk bisa menginap di hotel gantung.

Untuk bisa menginap di hotel ini, bisa mereservasi secara langsung dengan menghubungi nomor 087775616496.
2. Lebih Tinggi dari Hotel Gantung di Peru
Hotel gantung di Tebing Parang ini memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan tanah.
Hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter difoto menggunakan drone, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.
Hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter difoto menggunakan drone, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru. (KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)
Sejauh ini, sudah ada satu skylodge alias hotel gantung di dunia yang berlokasi di Peru. Hotel gantung tersebut berada pada dinding tebing dengan ketinggian sekitar 122 meter di atas permukaan tanah.

Jika dibandingkan dengan Peru, hotel gantung di Purwakarta ini lebih unggul soal letak ketinggiannya.
3. Baru Ada Satu Kamar
Hotel gantung di Tebing Parang baru ada satu kamar yang selesai dibuat dan bisa dinikmati wisatawan. Luas kamarnya sendiri sekitar 2,5 x 6 meter persegi dan tinggi kamar sekitar 2,4 meter.
4. Lantai dan Dinding Terbuat dari Polycarbonat
Dinding dan lantai hotel ini terbuat dari polycarbonat yang bening. Sehingga, tamu dapat melihat pemandangan yang ada di sekelilingnya dari dalam kamar.
Fasilitas dapur dan toilet hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.
Fasilitas dapur dan toilet hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
5. Dilengkapi Listrik
Selayaknya hotel pada umumnya, hotel gantung pula dilengkapi dengan aliran listrik. Sehingga di sana Anda tidak perlu takut gelap, dan baterai alat elektronik Anda bisa selalu terpenuhi dengan men-charge.
Lalu juga disediakan empat kasur tidur, bantal dan selimut. Kemudian ada lampu, televisi, pendingin ruangan, meja makan, gelas, sendok, handy talkie, air mineral galon, wastafel, microwave (pemanas makanan), dan pemanas air listrik.
6. Toilet Menyatu dengan Kamar
Nah, di hotel ini rasanya Anda tidak bisa mandi, sebab tidak ada ruangan khusus untuk mandi. Hanya saja terdapat toilet portable yang bisa digunakan untuk buang air kecil dan besar.
Uniknya, tidak ada pembatas antara kamar dengan toilet portable, sehingga menyatu begitu saja.
Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
7. Biaya Menginap Rp 4 Juta
Jika Anda berniat untuk menginap di hotel ini, siapkan kocek sekitar Rp 4 juta per malam. Harga tersebut sudah termasuk menginap, makan, dan alat pengaman saat memanjat tebing.
8. Harus Memanjat dengan Via Ferrata
Untuk sampai di hotel gantung, para tamu harus memanjat tebing melalui via ferrata yang telah disediakan hingga titik ketinggian 500 meter. Jangan khawatir karena ada tempat peristirahatan di titik ketinggian 200 meter.
Selain itu juga dari via ferrata, Anda harus menyeberang menggunakan tylorean untuk sampai di hotel gantung.
9. Makanan Tamu Diantar dari Basecamp
Soal makanan untuk para tamu yang menginap di hotel ini, akan mendapatkan dua kali makan. Di antaranya makan malam dan sarapan pagi.
Wartawan Kompas.com menyeberangi tyrolean untuk mencapai hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Sabtu (18/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Wartawan Kompas.com menyeberangi tyrolean untuk mencapai hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Sabtu (18/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Perlu diketahui, saat KompasTravel menginap di hotel gantung, makanan tersebut diantarkan oleh petugas dari basecamp. Sehingga pengirim makanan harus memanjat setinggi 500 meter setiap kali mengantarkan makanan.
10. Menyatu dengan Alam
Pandangan mata Anda tak terbatas sampai dinding kamar hotel. Dari dalam kamar saja Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari pesona Waduk Jatiluhur, gunung, hamparan sawah, rumah penduduk, hingga kerlap-kerlip lampu rumah penduduk saat malam hari.
Selain itu juga, terdengar jelas suara-suara binatang yang menemani Anda di malam hari.
11. Bisa Melihat Matahari Terbit dan Tenggelam
Dhani Daelami selaku salah satu penggagas Skylogde Padjajaran Anyar sekaligus operator via ferrata, Badega Gunung Parang mengatakan dari hotel gantung, para tamu dapat menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari
Wartawan Kompas.com saat pemanjatan via Ferrata untuk mencapai hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Sabtu (18/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Wartawan Kompas.com saat pemanjatan via Ferrata untuk mencapai hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Sabtu (18/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Namun, ini juga bergantung pada faktor cuaca, apakah cuaca mendukung atau tidak. Jika beruntung, tamu bisa melihat keduanya.
12. Menambah 9 Kamar Lagi
Namun ke depannya, menurut Dhani, ditargetkan pada Januari 2018 akan menyelesaikan penambahan sebanyak sembilan kamar untuk hotel gantung tersebut. Sehingga nantinya ada sekitar 10 kamar di skylodge Tebing Parang.

(Kompas.com)

Related

Info Unik 6469710521349261528

Post a Comment

emo-but-icon

item