Tingkatkan Kualitas SDM Pemadam Kebakaran, Damkar Klungkung Menggelar simulasi Kebakaran

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) pemadam kebakaran di Kabupaten Klungkung, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung menggelar simulasi terjadinya suatu bencana kebakaran  yang bertempat di Lapangan Tegalinggah Semarapura Kangin Klungkung, Senin (27/11).

Dalam simulasi tersebut hadir langsung Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Kepala Satuan Polisi PamongPraja dan Pemadam Kebakaran I Putu Suarta.

Wabup Kasta dalam arahannya menyampaikan Teori yang didapat dari tempat pelatihan maupun pembelajaran harus dipraktekkan di simulasi terlebih dahulu, agar nantinya saat kita  berada disituasi kebakaran yang sebenarnya dilapangan, kita bisa mengambil langkah-langkah yang tepat dalam situasi tertentu. Karena di lapangan kita tidak bisa menentukan keadaan di tempat kejadian tersebut. “situasi dilapangan tidak sama tempat satu dengan yang lain, itulah pentingnya dilakukan simulasi,” ujar Wabup Kasta.

Simulasi ini juga akan mampu mengukur seberapa cepat tanggap pemadam kebakaran dalam menyiapkan kelengkapan pada mobil-mobil pemadam kebakaran sampai selang mengeluarkan air saat memadamkan api.

Tugas damkar pun tidak hanya memadamkan api saja, tetapi juga bagaimana cara menyelamatkan korban saat kebakaran terjadi dan cara mencegah api tidak meluas di tempat kebakaran tersebut. Maka dari itu petugas damkar agar selalu siap siaga dalam menangani bencana kebakaran, harap Wabup Kasta.  

Kasat PolPP dan Damkar I Putu Suarta melaporkan, Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa, jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal ini yang menjadi dasar dilaksanakan pelatihan dan simulasi pemadam kebakaran. 
  
Selain untuk meningkatkan kualitas SDM di Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran kabupaten Klungkung  tujuan simulasi kebakaran ini juga untuk evaluasi terkait dengan penanggulangan bencana kebakaran. Simulasi ini juga sangat penting dalam situasi keadaan gunung agung yang aktivitasnya terus meningkat Pemadam Kebakaran akan dituntut untuk lebih siap siaga dalam menanggulangi bencana kebakaran yang mungkin terjadi nanti. 

(hmsklk/yak) 

Related

Warta Semarapura 44186950839442218

Post a Comment

emo-but-icon

item