Brasil usir diplomat Venezuela

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Brasil pada Selasa (26/12) memerintahkan diplomat tertinggi di kedutaan besar Venezuela, Gerardo Delgado, kembali ke negaranya sebagai balasan tindakan Caracas mengusir duta besar Brasil.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Brasil telah memutuskan untuk menyatakan perwakilan Venezuela sebagai persona non grata. "Dalam praktiknya ini berarti dia harus meninggalkan negara ini," katanya kepada AFP.

Venezuela pada Sabtu mengumumkan bahwa duta besar Brasil untuk Caracas, Ruy Pereira, tidak lagi diterima karena menganggap pemerintah Brasil tidak sah.

Caracas menentang Presiden konservatif Brasil Michel Temer, yang menggantikan presiden sayap kiri Dilma Rousseff tahun lalu. Terpilihnya Temer mengakibatkan pembekuan singkat hubungan diplomatik Venezuela-Brasil.

Venezuela pada Sabtu juga mengusir perwakilan diplomatik Kanada di Caracas, mendorong Ottawa pada Senin untuk membalas dengan mengusir duta besar Venezuela dari negaranya.

Venezuela mendapat kecaman keras internasional karena upaya Presiden Nicolas Maduro mengukuhkan kekuasaannya di negara Amerika Selatan itu.

Kanada, Amerika Serikat, Eropa dan sebagian besar negara Amerika Latin telah mengecam apa yang mereka anggap sebagai tindakan menginjak-injak demokrasi dan hak asasi manusia di Venezuela.


sumber : antaranews.com

Related

Dunia 7699717535818802611

Post a Comment

item