Valen Siap Duel di Test Event AG


www.nusabali.com-valen-siap-duel-di-test-event-ag

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Petinju Bali Valentinus Nahak siap duel berlaga dalam test event Asian Games (AG) pada 10-18 Februari. Kini ia menjalani latihan intensif di Pelatihan nasional (Pelatnas) tinju di Manado, Sulawesi Utara. Ia berharap, laga perdananya di tahun 2018 membuahkan hasil bagus.

"Menghadapi test event Asian Games di Jakarta nanti, saya siap," ujar Valen usai latihan fisik di pantai Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (30/12).Menurut Valen, saat ini belum diketahui negara mana saja berpartisipasi di cabor tinju. Namun dipastikan ada 10 negara ikut. Ia siap pula menghadapi petinju dari mana saja di kelas 52 kg. Sebagai persiapan, Valen dan enam petinju Pelatnas tim B berlatih keras. Bahkan saat tahun baru, ia dan petinju lainnya hanya mendapat libur satu hari dan 2 Januari kembali berlatih.

"Ketika Natal, kami juga libur satu hari sehingga bagi yang merayakan, ya merayakan bersama di pelatnas," imbuhnya. Valen tak masalah, tidak bisa pulang ke Pulau Dewata. Lantaran ia tidak sendirian di pelatnas. Adik dari petinju Bali Julio Bria ini mengatakan, ia sudah tiga minggu di Pelatnas tinju. Selama itu, ia sudah banyak mendapat pengetahuan mengenai teknik dan strategi tinju. Latihan tiap Senin sampai Sabtu, dan satu hari latihan dua kali, pagi dan sore.

"Latihan di Pelatnas agak sedikit beda dengan latihan di Bali. Di sini banyak variasinya," jelas anak kelima dari enam bersaudara ini. 

Pagi hari ia latihan fisik dan sore hari latihan skill dan teknik selama tiga jam di GOR. Hari Sabtunya, ia latihan fisik ke gunung atau pantai. Sedangkan terkait sparing, dilakoni satu minggu dua kali. Sparing dilakukan dengan sesama petinju pelatnas, tim A berhadapan dengan tim B. Valen sparring dengan Aldom Sugoro di kelas 52 kg dari tim A. Saat sparing Valen pun mengaku mampu mengimbangi permainan seniornya itu. Valen pun optimistis dapat bersaing dengan seniornya. 

"Semoga saya bisa masuk timnas tinju saat Asian Games yang berlangsung 18 Agustus-2 September nanti, karena penilaian dilihat ketika latihan dan training out," jelas Valen. Pelatnas tinju dilatih lima pelatih. Tim A I Gusti Made Adi Swandana, sekaligus merangkap kepala pelatih. Lalu Maulana Ali dari NTB dan Bonix Saweho dari Sulawesi Utara. Tim B dilatih Deni Hitarium dari NTT dan Hendrix Simangunsong dari Sumatera Utara.

Masuknya Valen, membuat petinju Bali tidak pernah putus masuk Pelatnas. Sebelumnya ada Julio Bria, yang meraih emas SEA Games 2011. Juga Kornelis Kwangu Langu meraih emas SEA Games 2015.

Sebagai generasi petinju Bali yang masuk pelatnas, Valen merasa senang dan bersyukur. Ia akan berusaha mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia."Kakak saya juga berpesan agar saya semangat latihan di pelatnas," ucap Valen. 

(NusaBali)

Related

Olahraga 4712962208492589480

Post a Comment

item