KESEHATAN : Manfaat Lemak Trans dalam Susu


www.nusabali.com-kesehatan-manfaat-lemak-trans-dalam-susu

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Susu memang mengandung lemak trans, tetapi tak berbahaya dibandingkan dengan lemak trans yang terdapat dalam bahan pangan lainnya.
Lemak trans memiliki predikat buruk sebagai salah satu pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah. Meski demikian, lemak trans yang terdapat dalam susu terbentuk secara alami. Menurut ahli gizi Dr.Marudut MPS, lemak trans dalam pangan yang berbahaya adalah yang berasal dari proses hidrogenasi atau ditambahkan atom hidrogen.

Makanan yang mengandung lemak trans seperti dilansir kompas.com, antara lain margarin, makanan yang digoreng dengan minyak banyak, serta berbagai jenis camilan. "Berbeda dengan susu yang lemak trans-nya terbentuk lewat proses bio hidrogenasi. Proses ini terjadi dari pencernaan di tubuh hewan ternak dengan bantuan enzim-enzim menjadi lemak trans," ujarnya.

Perbedaan proses hidrogenasi itu, menurut Marudut, akan memberi pengaruh yang tidak sama bagi kesehatan tubuh. "Jadi beda asam lemaknya, beda struktur kimia, dan juga prosesnya," ujar dosen dari Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II ini.

Lemak trans dalam susu terbukti menyehatkan. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi susu bermanfaat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, dan juga mencegah kegemukan. "Susu yang dianjurkan adalah susu cair, bukan susu skim yang lemaknya sudah dihilangkan," katanya. Susu bukan hanya minuman anak-anak atau sekadar penunjang nutrisi, tapi juga minuman untuk olahraga alami atau natural sport drink.

Dokter spesialis kesehatan olahraga, dr Rachmad Wishnu Hidayat SpKO mengungkapkan, susu mengandung karbohidrat, protein dan mineral yang dapat dicerna dan diserap, sehingga cocok diminum untuk pendukung olahraga."Susu bisa gantikan cairan tubuh dengan cepat dan risiko dehidrasi kecil," katanya.

Waktu mengonsumsi susu yang terbaik adalah setelah berolahraga karena akan memberikan manfaat tambahan. Susu bukan hanya sekadar mengganti cairan, namun juga energi yang hilang serta vitamin dan protein. Ketika berolahraga tubuh akan menguras protein dan vitamin lebih. Karena itu, susu memiliki manfaat besar agar tubuh tetap prima pasca olahraga.

Di dalam susu ada kandungan vitamin yang penting bagi metabolisme energi. Sementara the real sport drink (minuman olahraga buatan) tidak ada kandungan vitaminnya. 

(NusaBali)

Related

Gaya Hidup 8311481853850757633

Post a Comment

item