Bakti Pengayar Pemkab Klungkung di Pura Agung Besakih

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Serangkaian upacara Ida Batara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Kabupaten Karangasem, Pemkab Klungkung melaksanakan bakti penganyar Rabu siang, (18/4). Upacara bakti Pengayar merupakan wujud bakti dan penghormatan ke hadapan sang pencipta dan sang penguasa alam semesta Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dipimpin langsung Pjs. Bupati Klungkung Wayan Sugiada, upacara ini turut dihadiri Ketua DPRD Wayan Baru, Kepala Kantor Kementerian Agama, para Asisten, Staf ahli para Kepala Perangkat Daerah (KPD) beserta staf.     
“Selain sebagai wujud bakti dan penghormatan ke hadapan sang pencipta dan sang penguasa alam semesta Ida Sang Hyang Widhi Wasa, bakti penganyar juga dimaksudkan untuk memohon keselamatan, kesejahteraan, serta keseimbangan alam semesta bersama isinya,” ujar Pjs. Bupati Sugiada.
Bertempat di Pura Penataran Agung, upacara suci ini dipuput oleh Ida Pendanda Gede Wayahan Griya Tengah. Prosesi diawali dengan menata banten, ngelukat dan ngayabang banten dengan iringan dengan tari topeng wali dan tari rejang renteng yang dibawakan oleh ibu ibu PKK.
Setelah melakukan persembahyangan pada karya Tawur Tabuh Gentuh lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Pjs. Bupati Klungkug Wayan Sugiada lanjut menyerahkan punia kepada Bendesa Adat Besakih.

Related

Warta Semarapura 4850902437867526628

Post a Comment

emo-but-icon

item