Suka Makan Oatmeal untuk Sarapan? Ini 7 Manfaat Sehatnya!

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Oatmeal jadi pilihan sarapan banyak orang. Mengonsumsi gandum ini ternyata punya banyak manfaat kesehatan. Termasuk turunkan kadar kolesterol! 

Sarapan apa pagi ini? Kalau ada stok oatmeal, Anda bisa menyantapnya. Olahan gandum ini enak ditambahkan potongan buah segar atau kacang-kacangan. Dikutip dari Boldsky (2/4), tiap setengah cangkir saji kecil oat mengandung 13 gram protein.

Oatmeal juga memasok hampir 100% kebutuhan mangan harian. Keungguan yang lain, kandungan serat larut pada oatmeal membuat makanan ini baik dikonsumsi pelaku diet. Berikut 7 manfaat lengkap dari sarapan oatmeal. 

1. Tinggi antioksidan 
Oatmeal tinggi antioksidan sehingga bagus untuk mengurangi peradangan dan tekanan darah. Oatmeal juga mengandung beta-glucan yang mampu turunkan kadar gula darah. Manfaat ini makin terasa jika dikonsumsi bersama vitamin C. Inilah mengapa banyak orang mengonsumsi oatmeal dan jus jeruk saat sarapan. 

2. Penuh energi 
Kandungan karbohidrat dan protein pada oatmeal mampu memasok energi untuk tubuh. Mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik seperti oatmeal 3 jam sebelum lari atau olahraga juga akan memberi stamina yang lebih maksimal. Sifat oatmeal yang rendah indeks glikemik ini mampu meningkatkan pembakaran lemak saat olahraga.

3. Turun berat badan 
Rutin sarapan oatmeal bantu meningkatkan metabolisme dan mempercepat penurunan berat badan. Ini karena sifat oatmeal yang mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga Anda tak tergoda menyantap banyak makanan sebelum waktunya. Semua karena kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal.

4. Turunkan kolesterol 
Oat mengandung serat beta-glucan yang membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kehadiran asam linoleat dan serat larut pada oatmeal juga membantu atas kolesterol sekaligus mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh. Pada akhirnya tubuh akan terhindar dari penyakit berat seperti serangan jantung dan stroke. 

5. Atasi masalah pencernaan 
Pakar kesehatan merekomendasikan konsumsi serat harian antara 25-25 gram agar pencernaan lancar. Seporsi kecil oat menyediakan 1/5 kebutuhan serat harian, karenanya bagus dikonsumsi tiap hari. Semua karena serat yang sifatnya membantu pertahankan kerja baik usus.

6. Kulit sehat 
Vitamin dan mineral pada oatmeal menjadikan menu sarapan populer ini baik untuk kesehatan kulit. Zinc, misalnya, membantu membersihkan kulit dan menyingkirkan racun serta senyawa berbahaya. Sementara zat besi menyediakan nutrisi untuk kelembapan kulit. 

7. Cegah diabetes 
Oatmeal mampu menstabilkan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemik rendah. Sebuah penelitian membuktikan pola makan yang menyertakan makanan rendah indeks glikemik berkaitan dengan resistensi insulin yang lebih sedikit dan menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2, dibanding jika konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi.


Detik.com

Related

Life Style 1640315012126033743

Post a Comment

item