Kebun Binatang Bandung dan Solo Saling Bertukar Satwa

Kebun Binatang Bandung dan Solo Saling Bertukar Satwa

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali     Sebagai bentuk kerjasama pertukaran satwa, sebanyak tiga ekor rusa timor dipindahkan dari Kebun Binatang Bandung ke Kebun Binatang Solo.

Marketing Komunikasi Kebun Binatang Bandung, Sulhan Safii mengatakan, pertukaran satwa milik negara tersebut untuk menghindari inbreeding atau perkawinan sekerabat.

"Karena kita punya banyak rusa timorensis dan mereka juga punya banyak jadi kita tukar saja. Biar genetiknya nanti lebih bagus," kata Sulhan di Bandung, Jumat (18/5).
Sulhan menjelaskan, program tukar-menukar satwa ini sudah diatur dalam Undang-Undang. Selaku lembaga konservasi, dalam satu tahun wajib melakukannya. Sebab, lanjut dia, apabila satwa dikawinkan satu darah maka akan menganggu ekosistemnya.

"Kalau kawin sedarah nanti akan kecil turunannya. Rasio seksnya juga harus diukur biar imbang," jelasnya.

Dari pertukaran tersebut, Kebun Binatang Bandung dikabarkan akan mendapatkan satu ekor jantan dan dua ekor betina rusa timor. 

Selain itu, pihak Kebun Binatang Bandung pun menghibahkan satu ekor beruang madu betina.

"Kalau beruang madu itu memang kita hibahkan. Karena kalau di sini beruang madu banyak, bisa sampai 6 ekor saat melahirkan," ujarnya.
Sulhan juga menuturkan, pertukaran satwa ini sudah melalui prosedur. Diawali dengan penandatanganan kerjasama dengan kedua belah pihak sejak setahun lalu.

Lalu, satwa yang ditukar dengan Kebun Binatang Solo tersebut, akan diangkut menggunakan truk. Namun sebelumnya para satwa ini pun dilakukan pengecekan kesehatan serta diberikan kandang yang nyaman selama di perjalanan.

"Begitu tiba di sana akan ada proses karantina selama 14 hari. Mereka juga sudah kirim dokter ke sini dan kita juga kirim orang ke sana untuk memeriksa kesehatan satwa," jelasnya.

Diperkirakan perjalanan pengiriman satwa ini akan menempuh waktu 11 jam. Satwa tersebut dikawal oleh satu keeper, satu paramedik dan satu headkeeper. Setiap empat jam sekali kondisi satwa akan dicek.

Sebelum adanya proses tukar menukar ini, populasi rusa timor di Kebun Binatang Bandung berjumlah 15 ekor. Sebanyak tujuh ekor di antaranya merupakan jantan. 



































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Indonesia 8496617070157716555

Post a Comment

item