Pesawat Pengintai AS Dicegat Sukhoi Rusia

Pesawat Pengintai AS Dicegat Sukhoi Rusia

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Dua pejabat pertahanan Amerika Serikat mengatakan sebuah jet tempur Sukhoi Su-27 milik Rusia melakukan pencegatan "tak profesional" terhadap pesawat pengintai P-8 Angkatan Laut AS saat terbang di ruang udara internasional di atas Laut Baltik, Selasa (1/5).

Jet Rusia itu terbang dengan jarak 6 meter dari pesawat AS, kata salah seorang pejabat itu. Menurutnya, peristiwa itu berlangsung selama sekitar sembilan menit.
Para pejabat menyebut pencegatan itu dilakukan secara aman, meski tak profesional. Sementara itu, seorang petinggi Angkatan Laut mengatakan kepada CNN bahwa pihaknya hanya mengklasifikasikan pencegatan penerbangan hanya sebagai 'aman' atau 'tidak aman'.

Letnan Komandan Zach Harrell, juru bicara Angkatan Laut AS di Eropa, menolak mengomentari insiden ini secara spesifik. Dia hanya mengatakan "kapal dan pesawat Angkatan Laut AS secara rutin berinteraksi dengan unit militer dari negara lain."


Dia juga mengatakan pihaknya akan memberikan informasi terkait interaksi tak aman.

Pencegatan tak aman terakhir terjadi pada Januari lalu, ketika Su-27 Rusia terbang sekitar 1 meter dari pesawat EP-3 milik Angkatan Laut Amerika.
Angkatan Laut AS menyebut pencegatan saat itu tidak aman dan tidak profesional.

Menyusul insiden tersebut, Kementerian Luar Negeri AS menerbitkan pernyataan yang menuding Rusia "terang-terangan melanggar kesepakatan dan hukum internasional yang berlaku."

































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 8797829618533011059

Post a Comment

item