RI Minta Belanda Bantu Berantas Penyelundupan Narkotik

RI Minta Belanda Bantu Berantas Penyelundupan Narkotik

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan ingin mengajak Belanda bekerja sama dalam sejumlah hal, termasuk membendung peredaran dan perdagangan narkotik

Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri RI, Dino R Kusnadi, mengatakan permintaan itu akan disampaikan Menlu Retno Marsudi saat menerima kunjungan Menlu Belanda Stef Blok di kantornya, 3 Juli mendatang.

"Indonesia sedang minta Belanda untuk melakukan kegiatan bersama tanggulangi perdagangan narkoba," kata Dino dalam jumpa pers rutin, Kamis (28/6).


Meski begitu, Dino mengatakan permintaan ini masih perlu dibahas lebih lanjut secara teknis oleh kedua negara.
"Teknisnya masih kita kembangkan dan negosiasikan. Tapi diharapkan bisa dibahas antara kedua menlu nanti."

Selain penanggulangan narkoba, Dino mengatakan Retno dan Blok akan membahas upaya Indonesia-Belanda memperkuat kerja sama penanggulangan terorisme, terutama melalui program deradikalisasi dan pertukaran informasi mengenai isu ini.

Keamanan siber dan luar angkasa, papar Dino, juga akan dibahas kedua menlu.

Dino mengatakan Blok akan berada di Indonesia pada 2-4 Juli mendatang. Selain Jakarta, Blok dijadwalkan akan berkunjung ke Jawa Timur.
Laporan sejumlah media lokal memaparkan Blok akan mengunjungi sejumlah tempat seperti Waduk Pridjetan, pondok pesantren di Lamongan, serta bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk menyampaikan belasungkawa terkait tragedi teror bom beberapa waktu lalu. 

Dino mengatakan ini merupakan lawatan pertama Blok ke Indonesia sejak diangkat oleh Perdana Menteri Mark Rutte sebagai menlu pada 2017 lalu.

Dino mengatakan masalah perdagangan dan investasi juga tak luput dari pembahasan Retno dan Blok nanti. Lawatan Blok, paparnya, ingin dimanfaatkan pemerintah untuk memperbesar peluang kerja sama ekonomi Indonesia dengan Belanda.

"Dalam konteks diplomasi ekonomi, Belanda adalah mitra dagang terbesar kedua Indonesia di antara negara Uni Eropa lainnya. Momentum ini harus terus dijaga agar relasi ini bisa terus membawa benefit bagi kedua negara."






































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 958500556594271860

Post a Comment

item