Samai Gol Leneker, Kane Dekati Top Scorer

www.nusabali.com-samai-gol-leneker-kane-dekati-top-scorer

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Kapten Inggris, Harry Kane, juga di ambang sukses merebut gelar ‘sepatu emas’ selaku top scorer Piala Dunia 2018. Harry Kane sudah mengoleksi total 6 gol, menyamai pendahulunya, Gary Lene-ker, saat jadi top scorer Piala Dunia 1986. 

Dalam tarung babak 16 besar Piala Dunia 2018 antara Inggris vs Kolombia di Spartak Stadium Moskow, Rusia, dinihari kemarin, Harry Kane tampil sebagai pahlawan bagi The Three Lions. Harry Kane membawa Inggris unggul dulu 1-0 melalui gol hasil eksekusi penalti di menit ke-57. Kolombia kemudian menyamakan kedudukan 1-1 saat pertandingan waktu normal 2x145 menit memasuki injury-time.

Saat drama adu penalti dilakukan setelah skor tetap bertahan 1-1 hingga perpanjangan waktu 2x15 menit, Harry Kane kembali sukses menunaikan tugasnya selaku eksekutor pembuka. Inggris pun untuk kali pertama dalam sejarah Piala Dunia berhasil memenangkan drama adu penalti.

Tambahan satu gol ke gawang Kolombia, dinihari kemarin, memantapkan Harry Kane di puncak daftar top scorer sementara Piala Dunia 2018. Bomber asal Tottenham Hotspurs ini mengungguli mesin Ramelo Lukaku (Belgia) dan Cristiano Ronaldo (Portugal), yang berada di posisi kedua dengan masing-masing mengoleksi 4 gol. Namun, Ronaldo sudah tersisih dari perburuan gelar sepatu emas, menyusul tersingkirnya Portugal.

Di bawah mereka, ada 6 pemain yang masing-masing telah mengemas 3 gol di Piala Dunia 2018, yakni Kylian Mbappe (Prancis), Edinson Cavani (Uruguay), Denis Cheryshev (Rusia), Artem Dzyuba (Rusia), Yerry Mina (Kolombia), dan Diego Costa (Spanyol). Itu pun, Yerry Mina dan Diego Kosta sudah tersingkir. Karena itu, Harry Kane kini menjadi kandidat terkuat top scorer Piala Dunia 2018.

Berdasarkan bursa taruh William Hill, Rabu kemarin, Harry Kane menempati posisi teratas calon top scorer Piala Dunia 2018 dengan koefisien 4/11. Sedangkan Ramelo Lukaku ditempatkan bursa taruh di posisi kedua dengan koefisien 10/1, dibayangi Kylian Mbappe di peringkat tiga dengan koefisien 12/1. Sebaliknya, mahabintang Brasil, Neymar, ditempatkan bursa taruh di peingkat empat dengan koefisien 14/1. Saat ini, Neymar baru mengoleksi 2 gol. Namun, Brasil diprediksi akan lolos hingga babak final bahkan jadi juara, sehingga Neymar potensial menambah pundi-pundi golnya.

Harry Kane sendiri sebelumnya sempat menciptakan hat-trick keyika Inggris cukur Panama 6-1 dalam laga kedua penyisihan Grup G, 24 Juni 2018 lalu. Satu gol lainnya dipersembahkan Harry Kane ketika Inggris pecundangi Tunisia 2-1 pada partai perdana fase grup. Sementara saat Inggris kalah 0-1 dari Belgia di partai terakhir fase grup, Harry Kane diistirahatkan pelatih Gareth Southgate.

Ditambah lagi aksi gemilangnya ketika Inggris singkirkan Kolombia di babak perdelapan final, dinihari kemarin, Harry Kane kini total mencetak 6 gol di Piala Dunia 2018. Bintang kelahiran 28 Juli 1993 ini pun samai rekor gol Gary Leneker dalam Piala Dunia 1986 di Meksiko. Dan, jika nantinya tampil sebagai top scorer, Harry Kane akan menciptakan sejarah sebagai pemain Inggris kedua---setelah Gary Leneker---yang meraih gelar sepatu emas di pesta akbar Piala Dunia.

Sebelumnya, Hary Kane juga sudah mengukir sejarah sebagai pemain Inggris ketiga yang sukses bikin hat-trick di arena Piala Dunia. Dua pemain Inggris sebelumnya yang bikin hat-trick masing-masing Sir Geoff Hurst dalam tarung babak final Piala Dunia 1966 (ketika Inggris kalahkan Jerman Barat 4-2) dan Gary Lineker di babak penyisihan Piala Dunia 1986 (ketika Inggris sungkurkan Polandia 3-0).

Sejarah lainnya, Harry Kane juga menjadi pemain kedua yang mencetak tiga gol lewat titip penalti (di luar drama adu penalti) dalam satu perhelatan Piala Dunia. Pemain sebelumnya yang melakukan hal serupa adalah bintang legendaris Bulgaria, Hristo Stoichkov, pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Pasca Inggris sukses menggusur Kolombia kemarin, Harry Kane juga membukukan beberapa catatan penting lainnya. Harry Kane rutin bikin gol dalam enam penampilan terakhir bersama Inggris (dengan total 9 gol). Dia menyamai rekor bintang masa silam Inggris. Tommy Lawton, di tahun 1939. Harry Kane kini sudah mencetak 14 gol dalam 10 penampilan terakhirnya bersama Inggris.

Harry Kane mampu mencetak 6 gol hanya dalam tiga partai pertandingan di Piala Dunia. Dalam sejarah, cuma ada tiga pemain yang punya gol lebih banyak dari tiga laga awalnya di Piala Dunia. Mereka masing-masing Sandor Kocsis (Hongaria/9 gol) di Piala Dunia 1954, Gerd Mueller (Jerman/7 gol) di Piala Dunia 1970, dan Guillermo Stabile (Argentina/7 gol) di Piala Dunia 1930.Dengan mengemas 6 gol hingga babak perdelapan final, Harry Kane berpeluang pecahkan rekor gol para penyandang top scorer Piala Dunia dalam tiga pesta akbar terakhir sebelumnya. Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, Miroslav Klose (Jerman) tampil sebagai top scorer dengan hanya 5 gol. Demikian pula pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, ada empat tok scorer dengan masing-masing hanya mencetak 5 gol: Thomas Muller (Jerman), David Villa (Spanyol), Wesley Sneijder (Belanda), dan Diego Forlan (Uruguay).

Sementara pada Piala Dunia 2014 di Brasil, gelar top scorer direngkuh bintang Kolombia, James Rodriguez, dengan koleksi 6 gol. Top scorer tersubur terakhir adalah mahabintang Brasil, Ronaldo, yang bukukan 8 gol dalam Piala Dunia 2002 di Korsel-Jepang. Saat itu, Ronaldo sukses emmbawa Tim Samba meraih gelar juara dunia buat kelima kalinya, setelah di babak final melabrak Jerman 2-0. 








































sumber : nusabali.com

Related

Olahraga 7393198329392862757

Post a Comment

item