Gempa Magnitudo 7,0 Picu Aspal Retak di Lombok Utara

Gempa Magnitudo 7,0 Picu Aspal Retak di Lombok Utara

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Gempa magnitudo 7,0 pada Minggu (19/8) malam di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyebabkan retakan besar pada sebuah jalan di Pelabuhan Kayangan Lombok Utara.

Video yang menayangkan kerusakan itu diunggah akun twitter Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Selain aspal yang retak, gempa itu juga menyebabkan kerusakan bangunan, listruk padam, dan longsor di kawasan perbukitan.


"Komunikasi masih belum dapat dilakukan dengan petugas di Lombok Timur," tulis Sutopo di akun twitternya.
Sampai saat ini BNPB mencatat ada dua orang tewas yakni di wilayah Lombok Timur dan Sumbawa.

Kementerian Sosial memprediksi puluhan orang terluka akibat gempa tersebut. Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam Kemensos, Iyan Kusmadiana menuturkan kepada CNNIndonesia.com bahwa kerusakan di kawasan Lombok Timur semakin parah akibat gempa Minggu malam.

"Bertambah lagi kerusakannya. Rumah-rumah roboh," ujar Iyan.

Wilayah Lombok pada Minggu (19/8) malam diguncang gempa magnitudo 7,0. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa gempa itu adalah gempa baru dan terpisah dari gempa dengan kekuatan yang sama yang terjadi di Lombok, NTB, pada Minggu (5/8). 
"Gempa yang terjadi merupakan aktivitas gempa baru yang berbeda dari gempa [dengan] magnitudo 7,0 yang terjadi pada 5 Agustus 2018," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, melalui akun Twitter resmi lembaganya itu, Senin (20/8) dini hari.

Dwikorita menambahkan bahwa jumlah gempa susulan pascagempa magnitudo 6,9 itu mencapai 22 kali, hingga Senin (20/8) pukul 01.25 WITA. 

"Di antaranya tiga gempa bumi dirasakan," imbuh dia.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutup Dwikorita.
Gempa susulan bahkan masih terjadi hingga pukul 06.29 WITA dengan magnitudo 4,8. 

Pusat gempa itu terjadi di laut 34 km timur laut Lombok Utara) dengan kedalaman 10 Km. Gempa itu dirasakan di wilayah Mataram II, II Lombok Barat, dan II Lombok Tengah. 



































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Indonesia 3351244686436153113

Post a Comment

item