Gempa Susulan 5,4 SR di NTB, Guncangan Terasa Sampai Bali

Gempa Susulan 5,4 SR di NTB, Guncangan Terasa Sampai Bali

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Gempa susulan kembali terjadi di Lombok, Nusa tenggara Barat (NTB), Senin (6/8) pukul 07.28 WIB. Magnitudonya mencapai 5,4 Skala Richter (SR).

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) melalui akun resminya, pusat gempa itu berada di darat, 12 km barat daya Lombok Utara, NTB, dengan kedalaman 10 km.
Gempa itu, menurut keterangan BMKG, bisa dirasakan di Mataram, NTB, Kuta dan Denpasar, Bali, dengan intensitas yang berbeda. Yang paling keras dirasakan di Mataram.


"Dirasakan [dengan skala] MMI [Modified Mercalli Intensity] IV Mataram, [MMI] II Kuta, [MMI] II Denpasar," tulis BMKG, Senin (6/8) pagi.
Dikutip dari situs BMKG, kekuatan gempa yang dirasakan diukur dengan skala MMI. MMI IV berarti gempa dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara, MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Sebelumnya, NTB diguncang gempa berkekuatan 7 SR pada Minggu (5/8) malam. Setelah itu, ada 124 gempa susulan yang terjadi.

Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi NTB, dari 82 orang meninggal dunia, korban berasal dari Kabupaten Lombok Utara 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan roboh.



























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Seputar Bali 5505619746316730222

Post a Comment

item