Jangan Kaget saat Melihat Pilot Tidur dalam Penerbangan

Jangan Kaget saat Melihat Pilot Tidur dalam Penerbangan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Ketika berpergian dengan pesawat terbang, keselamatan penumpang dan awak kabin tentunya berada di tangan sang pilot sebagai pengemudi pesawat.

Namun bagaimana jadinya kalau pilot tertidur di tengah-tengah perjalanan udara?
Mengutip Travel and Leisure pada Senin (17/9), pada bulan Agustus kemarin terjadi "drama di udara" ketika seorang pilot United Airlines tertangkap kamera sedang tertidur dalam pesawat dengan tujuan dari Amerika ke Glasglow, Skotlandia.


Seorang penumpang yang mengambil foto tersebut mengaku melihat sang pilot tertidur di luar kokpit selama 90 menit.

Sebelum memejamkan mata, penumpang mengaku melihat sang pilot pergi ke toilet dan mengganti bajunya.

Walaupun terdengar mengerikan, sesungguhnya kondisi tidurnya pilot merupakan hal yang tak perlu dikhawatirkan.

Pasalnya peraturan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) justru merekomendasikan pilot untuk beristirahat selama perjalanan udara demi keselamatan bersama. 
Dibawah regulasi penerbangan FAR 117, pilot diwajibkan beristirahat di luar kokpit selama penerbangan panjang, minimal delapan jam atau lebih.

Penerbangan panjang biasanya memiliki pilot cadangan yang siap dirotasi ketika salah satu pilot diharuskan beristirahat.

Dan pada kasus penerbangan United Airlines, juru bicara maskapai mengungkapkan bahwa penerbangan tersebut dioperasikan oleh tiga awak kokpit.

Pada umumnya, pesawat dengan kapasitas besar memiliki area istirahat bagi awak kabin yang tak terlihat oleh penumpang. 

Namun karena penerbangan United Airlines dilakukan dengan pesawat Boeing 757-200 yang berukuran kecil, kursi kosong yang disediakan sebagai tempat istirahat awak kabin berada dekat dengan kursi penumpang pesawat.

"Keamanan penumpang tentunya menjadi prioritas kami. Dan pada penerbangan trans-Atlantik seperti penerbangan dari GLA ke EWR, pilot memang diwajibkan beristirahat," ujar juru bicara maskapai.




























sumber : antaranews.com

Related

Gaya Hidup 5205027734434775335

Post a Comment

item