Mirip seperti Kotoran, Ternyata ini Makanan Termahal di Dunia

Mirip seperti Kotoran, Ternyata ini Makanan Paling Termahal di Dunia

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Ada beragam makanan yang bisa kita konsumsi sehari-hari. Biasanya bahan makanan sendiri terdiri dari sayuran dan bumbu dapur hingga daging yang mudah ditemukan.
Tapi, pernahkah kamu berpikir untuk mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan baku amat mahal. Percaya atau tidak, ini dia, truffle, makanan yang dianggap paling mahal di dunia.
Dikutip dari Elite Readerstruffle merupakan sejenis jamur yang hidup di bawah tanah. Walaupun hargan kurang dari sekilogramnya bisa mencapai $ 330.000 atau setara dengan Rp 4 miliar, bahan makanan ini punya bau yang kuat seperti kentang.
Jamur ini biasanya dapat tumbuh dari kombinasi tanah merah daratan Eropa beserta hujan musim panas. Perpaduan tersebut mampu memberikan kaya rasa yang khas dan amat bernilai.
Di Prancis, truffle sudah biasa diubah menjadi kuliner lezat. Bukan jadi hal yang mengherankan jika jamur satu ini sering disebut sebagai permata dapur.
Tidak hanya sulit dicari, truffle juga memberikan manfaat besar dalam tubuh.
"Selain kaya nutrisi tanpa efek samping, truffle mengandung protein yang tinggi, asam amino dan mineral sehingga sangat sempurna untuk menjadi bahan dasar makanan," tulis laporan Nutraingredients.
Di samping itu, makanan ini juga mampu memberikan nutrisi sebagai antioksidan, antitumor, dan antiimflamasi sehingga bermanfaat untuk diet sehari-hari.
Namun sayang, bahan makanan ini terbilang langka karena produktivitasnya yang lemah. Sehingga harganya sangat melabung tinggi saat dijual dipasaran serta amat langka.
Pada pelelangan di Macau tahun 2010, harga untuk 0,9 kilogram truffle saja sampai dijual menyentuh angka miliaran. Sedangkan untuk truffle putih, bisa dijual $3.600 atau setara dengan Rp 51,6 juta.
Bagi para pemburu truffle, biasanya mereka mencarinya dengan bantuan anjing dan babi. Jamur-jamur tersebut kerap hidup secara liar di dalam akar pohon oak. Biasanya setelah menemukan truffle, para pemburu menyerahkan hasil panen mereka ke pabrik untuk kemudian diolah dan disajikan di restoran mewah.


































sumber : liputan6.com

Related

Info Unik 5292537110698662259

Post a Comment

item