Ragam Manfaat 'Si Bulat' Kentang

Hasil gambar untuk gambar kentang

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Dikenal sebagai jenis umbi-umbian, kentang cukup digemari sebagai pengganti nasi. Jenis umbi-umbian dengan nama latin Solanum tuberosum ini juga dikenal dengan sederet manfaatnya.

Kini, kentang dikenal sebagai makanan pokok di Eropa. Ia dibawa ke Benua Biru oleh penjelajah Portugis dan Spanyol dari Amerika Serikat.

Tanaman kentang sendiri banyak ditemukan di daerah dataran tinggi. Sebut saja kawasan Dieng, Jawa Tengah, yang sebagian besar datarannya didominasi tanaman kentang. 
Mengonsumsi kentang akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Setiap 100 gram kentang mengandung 17 miligram vitamin C. Tak cuma itu, di dalam kentang juga terkandung karbohidrat, serat, dan sejumlah mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalium.

1. Masker alami

Kentang juga diketahui punya manfaat untuk kecantikan dengan menjadikannya sebagai masker alami. Menaruh parutan kentang pada wajah mampu membuat kulit lebih lembab dan halus lantaran kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

2. Bahan pijat

Memijat tubuh secara rutin dengan bahan kentang dapat membantu proses relaksasi. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin B6 yang membantu hormon adrenalin untuk meredakan stres.
3. Mengatasi gangguan kulit

Tak cuma sebagai asupan karbohidrat, kentang juga mampu mengatasi gangguan kulit seperti alergi. Anda bisa mengompres bagian kulit yang teriritasi dengan air kompresan kentang.

Khasiat untuk mengatasi alergi pada kulit ini didapat dari zat pada kentang yang dikenal sebagai pengobatan luka pada kulit.

4. Mencegah kanker

Tingginya kandungan vitamin B6 dan potasium dalam kentang mampu mencegah berkembangnya sel-sel kanker.






























sumber : lifestyle.com

Post a Comment

item