Kapal Perang AS Lintasi Lagi Selat Taiwan

Kapal Perang AS Lintasi Lagi Selat Taiwan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Dua kapal angkatan laut Amerika Serikat (AS) dilaporkan lagi berlayar di selat Taiwan pada Rabu (28/11). Kejadian ini merupakan operasi ketiga pada tahun ini yang tentu bisa bikin China makin geram.

Letnan Rachel McMarr, juru bicara US Pasific Fleet, mengatakan, keberadaan kapal perusak USS Stockdale dan kapal pengangkut USNS Pecos di selat Taiwan merupakan aktivitas transit rutin. Dia juga mengatakan keberadaan dua kapal itu mendemonstrasikan komitmen AS pada "kebebasan dan keterbukaan Indo-Pasifik".

"Tentara AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di manapun hukum internasional mengizinkan," ucap McMarr.
Diberitakan AFP berdasarkan pernyataan resmi AS, kapal China telah menunjukan keberadaannya di selat Taiwan. Meski begitu diterangkan interaksi kedua pihak berlangsung "aman" dan "profesional".

Sebelum kejadian ini, dua kapal angkatan laut AS, USS Curtis Wilbur dan USS Antietam, sudah melintasi selat Taiwan pada 22 Oktober. Penjelasan yang dikeluarkan AS saat itu juga sama, yaitu transit rutin.

Dilaporkan AFP, Beijing protes atas keberadaan dua kapal itu. Langkah itu dianggap penghinaan pada kedaulatan China.
Upaya pertunjukan militer ini diduga disulut ketegangan antara AS dan China. Washington merupakan sekutu tidak resmi paling kuat Taiwan sekaligus menjadi pemasok senjata utama walau AS telah mengalihkan pengakuan diplomatik ke Beijing pada 1979.

China tetap menganggap Taiwan adalah wilayah yang akan disatukan kembali. Keduanya resmi secara hukum terpisah sejak akhir perang sipil yang terjadi pada 1949.

























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 3113376722597116887

Post a Comment

item