Barong Bangkung Ramaikan CFD di Lapangan Puputan Klungkung

Foto : Barong di CFD (Hmsklk)
Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kegiatan Car Free Day (CFD) di Lapangan Puputan Klungkung setiap Minggu pagi selalu dipenuhi masyarakat dan pegawai Pemkab Klungkung. Kegiatan tersebut juga diselingi dengan beberapa penampilan oleh kelompok masyarakat maupun siswa. Seperti pada Minggu (20/1/2019), sejumlah anak-anak dari TK Hindu Dharma Widya Klungkung menampilkan tari Barong Bangkung dan senam dance.

Penampilan anak-anak tersebut mendapat perhatian warga yang mengikuti CFD pagi itu, termasuk Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama sejumlah pejabat Pemkab Klungkung. Gelak tawa pecah saat anak-anak tampil diatas panggung. Penampilan tari Barong Bangkung cukup menyita perhatian Bupati dan memberi apresiasi sebagai langkah pelestarian budaya. Tetapi, orang nomor satu di Pemkab Klungkung ini memberi catatan kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten Klungkung terkait Tari Barong Bangkung yang dibawakan oleh kelompok anak-anak saat hari Raya Galungan dan Kuningan.

Seperti pengalamannya, Bupati Suwirta sempat memperhatikan sekelompok anak-anak menampilkan (Ngelawang) tari Barong Bangkung di perempatan jalan. Barong Bangkung yang seharusnya ditarikan malah didiamkan dan ditaruh dipinggir jalan. Beberapa dari mereka keliling membawa rontong (kaleng tempat uang) dari sukarela warga. Hal ini dinilai tentu menganggu lalu lintas. “Kedepan itu tidak boleh terjadi, jangan ada Ngelawang di lampu merah karena mengganggu lalu lintas. Dinas lakukan pembinaan, nanti Ngelawang harus kerumah-rumah,” sebutnya.  
Selain itu, penampilan senam dance anak-anak pada CFD yang menggunakan musik atau gaya orang dewasa juga mendapat sorotan Bupati Suwirta. Ia menilai hal itu belum pantas untuk anak-anak usia mereka. Kedepan, Bupati berharap jajaran terkait bisa melakukan pembinaan dan menyesuaikan musik dengan penampilan anak-anak. “Coba nanti itu pakai lagu anak-anak kan lebih bagus,” ujar Suwirta


Sumber :(hmsklk/nom)

Related

Warta Semarapura 7125047421648200744

Post a Comment

emo-but-icon

item