Jeruk Mandarin Diklaim Bisa Bikin Langsing dan Baik Bagi Jantung

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Jeruk Mandarin adalah salah satu jenis jeruk yang cukup digemari di masyarakat. Jeruk jenis ini sering ditemukan pada perayaan tertentu dalam budaya Tionghoa. Karena Itulah jeruk ini disebut jeruk Mandarin.

Tidak hanya sebagai pelengkap perayaan, buah ini juga sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan gizi yang menyehatkan untuk tubuh. Kandungannya antara lain flavonoid, pectin, niasin, besi, fosfor, kalium, kalsium, protein, vitamin C, vitamin B, vitamin A, folat, asam sitrat, dan sukrosa. Tak hanya itu, jeruk Mandarin juga diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dilansir Healthline, berikut ini di antaranya:
1. Mencegah kolesterol
Khasiat jeruk mandarin selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit yang mungkin akan timbul oleh kelebihan kolesterol jahat pada tubuh Anda. Selain itu, Anda juga akan mampu menjaga tubuh dari kegemukan.

2. Mencegah penyakit TBC
Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang menyerang ke sistem pernapasan Anda, terutama organ pernapasan paru-paru. Untuk menjaga paru-paru Anda tetap sehat, konsumsilah buah ini dengan rutin.

3.  Menurunkan panas
Jika Anda mengalami demam ringan atau infeksi yang mengakibatkan badan menjadi panas, ada baiknya Anda mengonsumsi jeruk Mandarin yang diperas dan diambil airnya untuk kemudian dicampur dengan air hangat bagi penderita panas apapun, terutama panas dalam, agar penderita dapat memperoleh manfaat kesehatan jeruk Mandarin untuk menurunkan panas pada tingkat yang optimal.

4. Mengatasi hipertensi
Jeruk Mandarin dapat Anda gunakan untuk mengatasi risiko penyakit hipertensi tanpa memberi efek samping. Buah dengan kandungan gizi yang alami ini akan membantu tekanan darah Anda menjadi lebih stabil sehingga tidak terlalu cepat naik terlalu tinggi.
5. Mengurangi risiko kanker hati
Sebuah penelitian dari Kyoto Prefectural University of Medicine, menguji terhadap 75 orang partisipan yang memiliki penyakit hepatitis kronis. 30 orang diminta untuk mengkonsumsi jus jeruk mandarin dan sisanya tidak. Hasilnya cukup mengejutkan, 30 orang yang meminum jus jeruk mandarin tidak terkena risiko kanker hati sedangkan 45 orang lainnya memiliki risiko terkena kanker hati sebesar 8.9 persen.

6. Bikin langsing
Sama seperti jeruk lainnya, jeruk jenis ini juga kaya akan serat dan cukup rendah kalori. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan tinggi serat mungkin bermanfaat untuk pengurangan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kadar gula darah. 
7. Melindungi jantung
Menurut Jurnal Natural Food Series, jeruk ini dapat meningkatkan pencernaan, mengatur tekanan darah, melindungi jantung Anda, dan mengurangi risiko Anda terhadap kanker, diabetes, dan Osteoporosis.

Dikutip dari Viva.co.id

Related

Gaya Hidup 5170659762809807939

Post a Comment

emo-but-icon

item