Australia Catat Rekor Suhu Panas Tinggi hingga 40 Derajat

Australia Catat Rekor Suhu Panas Tinggi hingga 40 Derajat

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali Masyarakat Australia akan menghadapi gelombang panas dan hari-hari dengan suhu panas ekstrem pada pekan ini.

Biro Meteorologi Australia mencatat rata-rata suhu di Australia pada Selasa (17/12) mencapai 40,9 derajat Celcius. Rekor suhu ini melampaui suhu panas di Australia pada Januari 2013 mencapai 40,3 derajat Celcius.

"Suhu panas akan semakin tinggi hari ini," kata ahli meteorologi Diana Eadie, Rabu (18/12) seperti dilansir AFP.


Suhu panas di sebagian Sydney pada Kamis diperkirakan mencapai 40-an derajat Celcius dan terus meningkat hingga 46 derajat Celcius pada Sabtu (21/12).
Suhu panas yang terjadi di Australia menyusul kebakaran hutan yang terjadi selama beberapa bulan terakhir, termasuk kebakaran hebat di Sydney. Setidaknya 7,4 juta hektare area dilalap api, enam orang tewas, dan 700 rumah hancur akibat kebakaran hutan.

Angin yang berhembus hingga kecepatan 100 kilometer per jam diperkirakan akan memperburuk kobaran api.

"Selama beberapa hari ke depan petugas pemadam kebakaran dan komunitas akan menghadapi ancaman baru [hembusan angin kencang]," kata komisaris petugas pemadam kebakaran New South Wales, Shane Fitzsimmons.
Gelombang cuaca panas juga terjadi di sebagian wilayah Negeri Kanguru pada Desember tahun lalu. Biro Meteorologi dan Perkiraan Cuaca Australia mencatat suhu di wilayah barat Australia termasuk Marble Bar dan Pannwonica, Pilbara mencapai 49 derajat Celcius.

Sementara suhu panas di kawasan barat dan selatan Australia, serta Negara Bagian New South Wales dan Queensland rata-rata menyentuh angka 41 sampai 46 derajat Celcius.



















sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 8752056202355441846

Post a Comment

emo-but-icon

item