Kunjungan Kerja Gubernur Bali ke Kabupaten Klungkung


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di Kabupaten Klungkung adalah sebagai penanda bangkitnya kebudayaan Bali. Dampaknya akan berpengaruh besar kepada ekonomi di Kabupaten Klungkung. Demikian disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Klungkung dalam acara Tatap Muka Gubernur Bali dengan Pemda Klungkung
dan berbagai komponen masyarakat Kabupaten Klungkung, bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (7/2). Kegiatan ini dalam rangka penyampaian Pencapaian Pembangunan Bali sebagai implementasi Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

" Pematangan lahan seluas 334 hektar  hampir selesai, astungkara pertengahan tahun ini akan mulai dibangun pembangunan fisik. Ini akan menjadi pembangunan yang luar biasa. Ada sungai, hutan, embung, hotel, restauran, supermarket dan marina. Tidak ada kawasan seluas itu di Bali. Kawasan ini akan menjadi paling mewah dan paling lengkap di Bali. Klungkung meskipun kecil namun akan memiliki kawasan terluas dan terlengkap di Bali." Ujar Gubernur Bali dihadapan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan 1346 orang undangan lainnya. 

Lebih lanjut Gubernur Wayan Koster mengingatkan supaya produk kain Endek khas asli Klungkung tetap dilestarikan dan marak dipasaran. Produk kain tradisional khas Klungkung supaya tidak dikalahkan oleh  Endek buatan pabrik apalagi  buatan dari luar Bali. Tidak hanya kain, namun ada juga Garam Kusamba, beras dan produk UMKM lainnya. 

Sementara itu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutan menyampaikan harapan dukungan Provinsi Bali untuk pembangunan Kabupaten Klungkung. Diantaranya rencana pengembangan daya tarik wisata KSPN Nusa Penida. Usulan pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) Kepulauan Nusa Penida, usulan pembangunan jalan lingkar Nusa Penida, Jembatan baru Lembongan Ceningan dan Penataan Pura Watu Klotok serta penanganan sampah di Biaung dan Jungutbatu Nusa Penida. 

"Terima kasih yang sebasar besarnya atas upaya dan kerjakeras Gubernur Bali untuk Kabupaten Klungkung. Atas nama masyarakat Kabupaten Klungkung doa kami selalu bersama Bapak Gubernur semoga dapat melanjutkan pembangunan di Provinsi Bali. " ujar Bupati Suwirta. 

Dalam acara tersebut juga diisi dengan penyerahan sejumlah bantuan dari Pemerintah Provinsi Bali kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung. Diantaranya bantuan aset tanah kepada Pemkab Klungkung berupa 36 bidang tanah seluas 7,65 Ha untuk penyelenggaraan pemerintahan  dan 10 bidang tanah seluas 2,80Ha untuk pengempon pura ; Bantuan keuangan khusus kepada Pemda Klungkung sebesar 52,78 miliar ; Bantuan Keuangan Khusus Kepada Subak dan Abian se Kabupaten Klungkung sebesar Rp 820 juta ; Hibah uang kepada Desa Adat Se Kabupaten Klungkung sebesar Rp 36,6 miliar ; Bantuan Keuangan Khusus untuk tambahan penghasilan Perbekel dan Perangkat Desa Kepada pemerintahan desa se-Kabupaten Klungkung sebesar Rp 3,23 miliar. 


Humasklk/jim

Related

Warta Semarapura 4591423885063000912

Post a Comment

emo-but-icon

item