7 Hal yang akan terjadi dalam tubuh saat kamu mulai rajin jalan kaki



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sebagai pekerja kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk dan menghadap komputer, tentu kamu jadi jarang melakukan olahraga. Hasilnya, berat badan bertambah dan penyakit berbahaya berdatangan.

Sebelum tubuh berubah jadi sakit-sakitan, tak ada salahnya jika kamu mulai mencoba untuk berolahraga meski hanya sederhana nan ringan seperti berjalan kaki. Berikut adalah beberapa hal yang akan terjadi di tubuhmu ketika kamu rajin untuk berjalan kaki.

  • Setelah 5 menit berjalan kaki, kamu akan merasa tubuhmu menjadi energik. Sebab jalan kaki akan melepaskan bahan kimia tertentu di dalam otak yang kemudian menghasilkan energi untuk berjalan.
  • Selanjutnya, denyut jantung akan naik sekitar 70-100 denyut per menit. Naiknya denyut jantung akan memompa lebih banyak darah ke otot tubuh. Jumlah kalori yang dibakar pun akan meningkat.
  • Lalu, persendian mulai mengeluarkan pelumas untuk mengurangi kekakuan. Pembuluh darah mulai membesar dan otot mendapatkan lebih banyak darah.
  • Setiap menit saat berjalan kaki, tubuh akan membakar 5-6 kalori. Ketika kamu terus berjalan kaki, tubuh akan mulai menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai bahan bakar.
  • Selain kalori yang terbakar, suhu tubuh juga akan meningkat. Hormon seperti glukagon dan epinefrin juga akan diproduksi sehingga daya otot bertambah. Jika kamu meningkatkan kecepatanmu, maka tubuh bisa membakar 7 kalori setiap menitnya.
  • Ketika kamu terus berjalan selama lebih dari 20-30 menit, tubuh akan menjadi lebih rileks. Sebab hormon endorfin yang dikeluarkan ketika jalan kaki akan membuatmu merasa lebih baik.
  • Terakhir, setelah kamu selesai berjalan kaki, denyut jantung dan tingkat pernapasan akan berubah menjadi normal. Namun mekanisme pembakaran kalori akan tetap menyala selama lebih dari 1 jam setelah berjalan kaki.
Itulah keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika berjalan kaki. Jadi, mulailah berjalan kaki hari ini!
(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 7493536088477122504

Post a Comment

emo-but-icon

item