Desa Sekartaji Nusa Penida "Blank Spot" Teknologi Komunikasi.

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Desa Sekartaji Kecamatan Nusa Penida yang terdiri dari 6 Dusun, yakni Dusun Sedehing, Ramuan, Sekartaji, Tabuanan, Bungkil dan Dlungdungan yang merupakan desa yang belum terjangkau signal telekomonikasi. Padahal ketika menuju Desa Sekartaji harus melewati Bukit Teletabis (Desa Tanglad) yang cukup terkenal. Namun Desa Sekartaji ini sama sekali tak terjamah signal telpon seluler dan internet alias Blank Spot Teknologi. Inilah yang menyebabkan komonikasi cukup mengganggu bagi masyarakat setempat  untuk berkomunikasi dengan dunia maya. 

Desa Sekartaji  saat ini belum bisa menikmati perkembangan Teknologi komunikasi dengan maksimal, karena belum adanya Jaringan Seluler diwilayah ini, seperti halnya dengan wilayah desa lainnya.
Keluhan ini disampaikan Perbekel Desa Sekartaji, I Made Carma saat menerima kunjungan  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta rombongan Tim Bedah Desa pada Sabtu (18/2) di desa setempat.
Selain itu  Made Carma,mengatakan  belum maksimalnya akses jalan ke desa maupun jalan lingkungan desa. Semua jalan yang ada belum diaspal bahkan berlubang sehingga menyulitkan transportasi masyarakat. Bahkan dibidang Pendidikan,anak-anak yang sekolah harus menempuh jarak hingga 2 hingga 3 km dengan jalan kaki. Selain itu yang kalah pentingnya dan sangat dibutuhkan masyarakat adalah air.  "Inilah yang sangat dirasakan masyarakat Desa Sekartaji, dan kesempatan ini kami mohon bapak Bupati Klungkung, untuk bisa membantu keiingnan masyarakat" kata Made Carma.

Seperti halnya dengan bedah desa sebelumnya, Bupati Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Putra Mahajaya, Perbekel Sekartaji, I Made Carma, para kepala SKPD, para Kepala Dusun dan tokoh masyarakat setempat, menelusuri satu persatu banjar dinas atau dusun yang ada di Desa Sekartaji, untuk mengetahui langsung keadaan dan permasalahan di masing -masing Dusun, baik terkait Infrastruktur,  administrasi pemerintahan, pendidikan, kesehatan  dan kemiskinan.

Pada Kunjungan kali ini di desa Sekartaji Bupati Nyoman Suwirta  mengunjungi beberapa warga miskin dan menyerahkan sejumlah bantuan kepada KK miskin, lansia , Infrastruktur, sarana sekolah dan mengupayakan Air bersih melalui Geo Listrik. Tak lupa Bupati Nyoman Suwirta, untuk KK miskin  diberikan bantuan sembako dan Bedah Rumah. Diantaranya bantuan bedah rumah yang diberikan kepada, Ni Made Kartini (25), Ni Nyoman Silib, I Ketut Demdem dan untuk bedah dapur diantaranya  I Nyoman Gentos (74), Nyoman perti,(45), Ni Made Kuning dan Wayan Jegjeg (46). Dan bantuan alat dengar kepada I Gede Darsana (40),I Ketut Terim (60) serta bantuan paket sembako juga diserahkan langsung Bupati Nyoman Suwirta kepada para Lansia. Untuk prasarana kesehatan diupayakan penataan halaman Puskesmas Pembantu dan perlengkapan sarana Sekolah yang ada di Desa Sekartaji.

Diakhir kunjungan Bupati Nyoman Suwirta dalam arahnya menyampaikan kepada seluruh Kepala SKPD yang hadir agar mengawal dan menindaklanjuti usulan-usulan yang disampaikan perbekel maupun para kepala dusun. "Tolong data warganya dengan baik, berdayakan PKK dan bangkitkan Sekaa Teruna yang ada dimasing-masing dusun." pinta Bupati Nyoman Suwirta. Terkait dengan sarana Prasarana Sekolah, diimbau kepada kepala Dinas Pendidikan  agar menindaklanjuti usulan dari Sekolah.

Perbekel Sekartaji menyampaikan terima kasih kepada Bupati Klungkung beserta tim karena sudah turun langsung ke desanya serta membantu meringankan beban warga desa kami melalui bantuan  langsung maupun yang akan rencanakan. Dirinya berjanji akan terus memantau dan mendata warganya terutama warga miskin yang belum medapatkan bantuan Kesehatan.
(HumasKlk/pur).

Related

Warta Semarapura 9105286180718335128

Post a Comment

item