PBB: Beberapa Daerah Somalia di Ambang Bencana Kelaparan


ARSIP – Wanita dan anak-anak Somalia duduk di bawah sebatang pohon di kamp pengungsi di Dolo, Somalia sambil menunggu pembagian jatah makanan.

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Seruan bantuan kemanusiaan kepada Somalia telah dikeluarkan oleh PBB sebagai antisipasi kekurangan gizi yang dapat mengancam ratusan ribu anak-anak termasuk 185.000 orang yang membutuhkan bantuan mendesak untuk penyambung hidup mereka.

PBB memperingatkan bahwa ratusan ribu anak-anak akan kekurangan gizi tahun ini, termasuk 185 ribu orang yang akan membutuhkan dengan mendesak bantuan penyambung nyawa. Untuk menghindarkan bencana besar kemanusiaan ini, PBB menyerukan bantuan kemanusiaan yang ditingkatkan kepada Somalia.
Daerah yang paling menderita di Somalia adalah Bay dan Bakool di selatan yang disusul oleh Sool dan Sanaag di utara, menurut para pekerja kemanusiaan. Keadaan di daerah-daerah itu kabarnya sudah memburuk ke pra-bencana kelaparan.
Wakil badan PBB UNICEF di negara itu Steven Lauwerier yang baru berkunjung ke daerah-daerah yang menderita dan mengatakan ia melihat ratusan bangkai hewan. Ia mengatakan di daerah Bay orang telah kehilangan hampir 90 persen hasil panen mereka akibat dua kali berturut-turut musim hujan yang gagal.
“Kalau tidak ada yang dilakukan sekarang, kita kemungkinan akan melihat jumlah kematian yang tinggi, terutama perempuan dan anak-anak,” katanya.
Ia mengatakan daerah yang dilanda sangat luas dan tindakan mendesak dibutuhkan.
“Apa yang harus kita lakukan sekarang adalah membeli perbekalan dan mengangkutnya ke berbagai tempat dan benar-benar melihat kita mencegah terjadinya drama ini,” katanya.
UNICEF dan WFP mengatakan mereka membutuhkan lebih dari $450 juta dalam bulan-bulan mendatang untuk mencegah bencana kelaparan.
(voaIndonesia)

Related

Dunia 4080963480160182241

Post a Comment

emo-but-icon

item