Menteri Susi resmikan museum harta karun bawah laut Indonesia



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Laut Indonesia berada di posisi strategis perlintasan jalur perdagangan dunia, dan hal ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Banyaknya kapal yang melintas tidak selalu bernasib baik. Beberapa dari mereka ada saja yang tidak sampai tujuan baik karena faktor alam dan tenggelam.
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, banyaknya temuan barang muatan kapal tenggelam (BMKT) merupakan kekayaan sejarah yang harus dijaga dengan baik. BMKT yang ditemukan merupakan milik bangsa dan identitas Indonesia sebagai negara maritim.
"Kita sudah melakukan pengangkatan beberapa harta karun bawah laut, ini merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan lestarikan. Sebab, sebagai negara maritim ini adalah sebuah identitas kita. Jangan lihat berapa rupiahnya tapi lihat seberapa besar nilai sejarahnya bagi bangsa ini," ungkap Menteri Susi di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (13/3).
Menurut Susi, untuk melestarikan kekayaan tersebut, KKP telah membuat sebuah museum atau galeri penyimpanan kekayaan BMKT. Hal ini supaya masyarakat dan generasi berikutnya dapat melihat dan mengetahui sejarah yang benda benda yang diangkat dari bawah laut.
"Galeri ini bukan sekadar sebuah bangunan, tapi ini adalah pesan tanggung jawab pemerintah untuk membawa BMKT sebagai kekayaan bahari lebih dekat kepada masyarakat dan menjadi sumber inspirasi untuk dijaga keberadaannya," ungkap Susi.
Menteri Susi mengajak seluruh pihak untuk turut serta melestarikan kekayaan bahari yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Galeri yang telah diresmikan hari ini memajang seluruh temuan BMKT yang telah ditemukan dan diangkat dari beberapa titik di perairan Indonesia oleh KKP.
"Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh teman-teman media untuk menjadi agen pembawa pesan positif kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa kita punya kekayaan bahari dan sejarah yang harus dijaga bersama," ungkapnya.
(merdeka.com)

Related

Indonesia 2468747264862403060

Post a Comment

item