Mudahnya Berkeliling Pulau Gran Canaria Spanyol dengan Bus Umum



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Daya tarik pulau Gran Canaria, Kepulauan Canaria, Spanyol, tidak hanya udara hangat dan keindahan pantai dan lautnya saja yang bisa dinikmati.
Wisatawan asing juga dapat menjajal mudahnya sarana transportasi publik di pulau yang berada sekitar 120 kilometer dari Sahara Barat dan Maroko tersebut.

Yang belum lama ini mengunjungi kawasan otonomi khusus Spanyol itu, merasakan layanan transportasi publik bus yang sangat membantu para pelancong dalam mengunjungi setiap kota di pulau tersebut. Ada 2 jenis bus yang ditawarkan pemerintah setempat.

Pertama, bus global berwarna biru-hijau. Jalur bus ini dapat mengantarkan wisatawan dari satu kota ke kota lainnya. Harga tiket bus global juga bervariasi, tergantung jarak.

Dari kota Las Palmas, tempat Liputan6.com menginap selama 5 hari, menuju bagian Selatan Gran Canaria seperti Playa de Ingles, Faro Maspalomas, Puerto Rico, dan Amadores, tiket untuk sekali jalan dihargai mulai 6,5 euro (94 ribu) hingga 7,5 euro (Rp 115 ribu). Harga tersebut untuk bus cepat via tol.
Perjalanan dari Las Palmas menuju Selatan Gran Canaria memakan waktu sekitar satu jam lebih. Jika ingin sedikit murah, Anda bisa menggunakan jalur umum dengan harga sekitar 4 euro hingga 5 euro. Namun, perjalanan akan memakan waktu lebih lama, lantaran bus akan berhenti di semua halte dan tidak melalui jalan tol.

Bagi penumpang dari kota Las Palmas, terminal San Telmo menjadi titik utama untuk bisa menggunakan bus global berwarna biru-hijau ini. San Telmo merupakan terminal bus utama.
Di terminal, seluruh armada bus global terpakir menunggu kedatangan penumpang. Selain ke kota-kota di Gran Canaria, bus global ini merupakan satu-satunya transportasi publik untuk ke bandar udara Gran Canaria.
Selain bus global, Pemerintah Gran Canaria, khususnya Pemerintah Kota Las Palmas, juga menyediakan jasa bus lokal untuk wilayah Las Palmas.
Sebagai ibu kota Gran Canaria, jumlah penduduk lokal dan wisatawan yang berkunjung yang cukup banyak (dari sekitar 802 ribu jiwa, hampir setengahnya bermukim di Las Palmas). Perlu transportasi khusus agar memudahkan mobilisasi warga dan turis mancanegara.
Untuk bus kota Las Palmas, warnanya tidak sama. Jika bus global antar kota identik dengan dengan warna biru-hijau, untuk Las Palmas berwarna kuning. Terminal utama dari bus kuning ini berada di Santa Catalina, sekitar 500 meter daripantai Las Canteras.
Tarif bus di kota Spanyol ini pun jauh lebih murah untuk sekali jalan, hanya 1,40 euro (Rp 22 ribu) sekali jalan. Jika Anda menetap lebih dari sehari, maka pilihan tepat untuk membeli tiket transportasi kota Las Palmas adalah dengan tiket harian atau mingguan.
Harganya jauh lebih ekonomis. Hanya sekitar 4,5 euro untuk tiket harian, dan 14,5 euro untuk mingguan.

(Liputan6)

Related

Dunia 6097756538232563425

Post a Comment

item