Wabup Hadiri Karya Ngusaba Desa Lan Ngusaba Nini Desa Glogor

 Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Wakil Bupati Klungkung Made Kasta menghadiri persiapan upacara Karya Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini di Pura Kayangan Tiga Pura dan  Puseh Desa pekraman Glogor Kecamatan Dawan, Senin (10/4). Didampingi Ny. Sri Kasta, kehadiran Wabup Made Kasta disambut hangat para prajuru adat dan dinas serta puluhan pengempon pura dan warga yang telah berkumpul untuk memulai ngayah mempersiapkan berbagai sarana upacara.
Bendesa Desa Pekraman Glogor I Nyoman Wina mengatakan, upacara Karya Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini merupakan upacara rutin yang yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Upacara yadnya ngusaba nini ini bertujuan untuk negtegang toya / tirtha, sedangkan Ngusaba Desa yang dilaksanakan oleh desa adat ini bertujuan untuk negtegang bhumi. Upacara Ngusaba Desa dan Ngusaba Nini yang diselenggarakan secara bersamaan adalah bertujuan untuk kesuburan tanah pertanian, juga untuk tegaknya  pemerintah.

Pura Kayangan Tiga dan Puseh Desa Pekraman Glogor diempon oleh sekitar 400kk.  Untuk upacara yadnya ini warga secara suka rela menyumbangkan uang dan berbagai sarana keperluan upacara. Total dana yang dihabiskan kurang lebih sekitar Rp 75juta. Puncak upacara akan dilaksanakan bertepatan Hari Raya Purnama Ke Dasa yang jatuh pada hari Selasa (11/4)dan akan di puput oleh Ida Pedanda Giri Dawan Kaler. 


Seluruh rangkaian upacara sudah dimulai sejak sebulan yang lalu, diawali dengan ngaturang ngayah nanceb taring, dilanjutukan lomba penjor serta  upacara melasti ke segara goa lawah yang telah dilakukan pada hari Minggu (9/4) lalu.

 
Dalam kehadirannya, Wabup Made Kasta berpesan dalam melaksanakan  yadnya supaya dilandasi dengan tulus iklas dan semangat gotong royong.”Mari lnadasi upacara Yadnya ini dengan tulus iklas serta dilandasi semangat gotong royong  dan kekeluargaan,” ujar Wabup Made Kasta. Dalam kesempatannya, Wabup juga menyerahkan punia kepada Bendesa Desa Pekraman Glogor I Nyoman Wina serta disaksikan seluruh warga yang hadir.


(HUMASKLK/Jim)

Related

Warta Semarapura 7820091725927052486

Post a Comment

item