Kepala BIN Harap Pancasila Diterapkan dalam Perilaku Berbangsa


Hari Pancasila

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan mengingatkan agar nilai-nilai Pancasila harus terus digaungkan, direaktualisasikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi pola hidup seluruh warga Indonesia.

"Tanggal 1 Juni adalah Hari Lahir Pancasila yang merupakan tonggak penting perjalanan bangsa dan negara kita di mana seluruh elemen masyarakat secara bersama menyepakati Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara yang dimiliki oleh Indonesia," kata Budi Gunawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis 1 Juni 2017.

Menurut dia, dasar negara Pancasila mengandung makna sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang merupakan negara kepulauan dari Sabang sampai Merauke dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di Indonesia tidak ada sekat atau dinding pemisah antara bagian barat, tengah dan timur, semua menjadi satu dengan satu dasar Pancasila.

"Peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2017 kali ini, merupakan momentum wujud komitmen bersama untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui penerapan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, kebinekaan, musyawarah, persamaan derajat, menghargai adanya perbedaan baik suku, agama, ras dan antargolongan serta mengedepankan semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata pria yang akrab disapa BG ini.

Oleh karena itu, Budi Gunawan mengajak semua komponen masyarakat agar menanamkan nilai semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa. Serta mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, mengedepankan musyawarah dan mufakat, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

(Liputan6)

Related

Indonesia 4790571416360970551

Post a Comment

emo-but-icon

item