Sebab Harga Daging Sapi Segar Tetap Stabil

Dari data Kementerian Perdagangan, harga daging sapi segar rata-rata Rp 114 ribu per kilogram (kg).
Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Harga daging sapi segar masih relatif tinggi di pasar tradisional. Namun demikian, harga daging relatif stabil di kisaran Rp 120 ribu per kg. Meski sempat terjadi lonjakan, namun harganya tak jauh dari harga tersebut.
Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan, harga daging segar stabil karena kehadiran daging beku. Harga daging beku sendiri dipatok pemerintah Rp 80 ribu per kg.

"Karena ada supply daging frozen. Jadi karena daging frozen pasar masih Rp 120 ribu per kg," kata dia kepada Liputan6.com, seperti ditulis di Jakarta, Selasa (27/6/2017).
Ngadiran menyebut, tingginya harga daging sapi segar karena daging tersebut sudah mahal saat di pasok dari rumah pemotongan hewan (RPH). Dia mengatakan, harga timbang hidup sekitar Rp 50 ribu per kg. "Kalau timbang hidup Rp 49 ribu, Rp 49,5 ribu sampai Rp 50 ribu. Itu kan ada isi perut, airnya," ujar dia.

Sementara, harga daging karkas di kisaran Rp 80 ribu per kg. Jika dibersihkan dari tulang beserta lemak, maka harga daging bisa mencapai Rp 100 ribu per kg. Tak heran, lanjutnya, apabila di pasaran di jual Rp 120 ribu per kg. "Kalau sudah dikeluarkan tulangnya, lemaknya jatuhnya Rp 100 ribu lebih. Maka jualnya Rp 115 ribu- Rp 120 ribu," tandas dia.
Sebelumnya pada 22 Juni 2017, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengaku ada beberapa pedagang daging yang mencoba mengambil keuntungan dengan menaikkan harga daging sapi mendekati lebaran 2017.

Hal tersebut lumrah di setiap musim perayaan hari-hari besar agama. Hanya saja, saat ini harga daging sapi sudah cukup tinggi, maka tidak semestinya para pedagang memainkan harga daging sapi.
"Ada beberapa daerah yang coba naikkan harga, tapi kita coba langsung drop daging beku kemudian dia terpaksa kembali turun. Makanya kita sampaikan kepada masyarakat yang biasa terjadi adalah tawar," kata Enggar.

Sampai saat ini sebenarnya stok daging aman, paling tidak hingga H+3 lebaran. Untuk itu masyarakat diminta turut aktif menjaga dan memantau harga daging di pasaran. Sayangnya Enggar enggan mengungkapkan di pasar mana para pedagang tersebut mencoba memainkan harga daging sapi.
"Itu yang jelas di Luar Jawa, sekarang semua aman, setelah kita drop lagi," tegas Enggar.
Dari data Kementerian Perdagangan, saat ini harga daging sapi segar rata-rata Rp 114 ribu per kilogram (kg). Sedangkan untuk daging sapi beku tetap stabil di harga Rp 80 ribu per kg dan harga daging kerbau sebesar Rp 79 ribu per kg.‎

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 7203957823468370889

Post a Comment

item