Cara Jenius Atur Keuangan Ala Pengantin Baru, Bisa Hemat Lho!



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Menabung jadi salah satu cara untuk mengerem sikap boros dan berjaga-jaga, jika ada kondisi mendesak, seperti anggota keluarga yang sakit atau renovasi rumah. Memiliki uang sedikit atau banyak nggak seharusnya jadi masalah, asal dapat mengaturnya dengan cermat dan tepat. Coba deh cara ala penganti baru untuk berhemat berikut ini.
Merencanakan Anggaran Bersama
Untuk mengetahui anggaran yang harus disiapkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat kebutuhan sehari-hari. Memang merepotkan, tapi cara ini dapat membantu memantau apa saja yang sudah dibelanjakan. Gunakan buku untuk mencatat pengeluaran baik yang bersifat rutin atau dadakan. Bisa juga memanfaatkan aplikasi canggih yang dapat diunduh dalam smartphone-mu.
Selain memonitor besarnya pengeluaran setiap bulannya, pasangan dapat melihat apakah ada pengeluaran yang bisa ditekan. Tidak hanya dapat berhemat, tapi juga bisa menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran yang ada.
Menentukan Prioritas Pengeluaran
Saat mengatur anggaran keuangan, utamakan menyisihkan uang untuk hal yang diprioritaskan, misalnya membayar KPR rumah, cicilan mobil, atau menyisihkan untuk membayar uang sekolah. Cara ini efektif untuk mencegahmu kesulitan melunasi kewajiban, gara-gara kehabisan uang akibat belanja yang berlebihan.
Jika hanya ada satu orang yang bekerja, maka bagi uang dimiliki sesuai dengan pengeluaran yang disepakati. Sedangkan jika keduanya bekerja, tentukan gaji siapa yang akan digunakan untuk membiayai pengeluaran yang mana. Intinya adalah komunikasi yang jelas agar tidak terjadi salah paham untuk urusan uang yang cukup sensitif.
Jangan Lupa Menabung
Sebisa mungkin sisihkan uang untuk tabungan dahulu, sebelum membagi pendapatan untuk membiayai pengeluaran. Cara ini lebih efektif ketimbang menunggu adanya sisa uang di akhir bulan. Walau terasa cukup berat, tapi semakin lama akan terbiasa untuk tetap menabung sebesar apapun gaji yang didapat.
Tabungan yang terkumpul sejak awal menikah dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari pengeluaran tak terduga saat sakit atau terkena kecelakaan. Selain tabungan, bisa juga menyisihkan penghasilan untuk produk asuransi atau investasi lainnya yang berguna untuk masa depan.
Sisihkan untuk Amal
Selain menyisihkan uang untuk tabungan, jangan lupa untuk menyumbangkan sedikit dari pendapatan untuk berbagi dengan sesama. Ada banyak cara untuk melakukannya, misalnya dengan berdonasi pada panti asuhan atau yayasan sosial setiap bulannya. Kini berbuat baik bisa dimulai dari Tokopedia.
Ada layanan bayar zakat sebagai bentuk pemberian harta wajib bagi pemeluk agama Islam lewat Bayar Zakat Online. Selain itu, ada juga cara menyalurkan sedekah dengan jalur yang lebih terpercaya dan tepat tujuan via Bayar Donasi Online. Cukup pilih lembaga donasi yang diinginkan dan salurkan donasi dengan bebas ribet.
Yuk hidup hemat dengan jurus atur keuangan ala pengantin baru yang ampuh ini.
(Liputan6)

Related

Info Unik 6665567738235528189

Post a Comment

item