Badai Harvey di Texas Sebabkan Banjir Besar dan Kerusakan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Badai Harvey menerjang Texas. Meskipun pada Sabtu 26 Agustus angin kencangnya tak lagi mematikan, hujan tetap tak berhenti.
Dikutip dari CNN pada Minggu (27/8/2017), warga Texas menghadapi badai terkuat di AS dalam satu dekade terakhir. Kini kawasan Barat AS berubah jadi tempat mematikan.


Kala menerjang kota Rockport, Texas, angin besar Badai Harvey membuat sejumlah rumah terbakar. Satu warga tewas.
Tornado, hujan deras dan banjir membuat sejumlah wilayah di tenggara Texas dipenuhi pohon-pohon tumbang, papan reklame yang roboh, tiang bendera yang berserakan, serta puing-puing bangunan.

Otoritas setempat mengkhawatirkan bertambahnya korban tewas di Rockport. Saat ini, diperkirakan 5.000 penduduk masih bertahan di area yang diterjang badai Kategori 4 sekitar pukul 23.00 pada Jumat lalu. Demikian menurut laporan Sheriff Aransas County Bill Mills seperti dikutip dari CNN.
Para warga kerap menelepon layanan darurat 911, melaporkan dinding dan atap yang runtuh menimpa orang-orang.

Sebelumnya, seorang pejabat lokal telah memperingatkan orang-orang yang memilih untuk bertahan di rumah selama badai untuk menuliskan nomor Jaminan Sosial mereka di tangan untuk memudihkan identifikasi, jika mereka menjadi korban tewas.
Ahli meteorologi dan cuaca CNN Chad Myers memperingatkan penduduk Houston untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

"Badai tidak bergerak, tapi curah hujan bergerak seperti kincir," katanya.
National Weather Service AS menyatakan status darurat banjir bandang untuk sebagian wilayah Brazoria, Fort Bend dan Harris akibat Badai Harvey itu. 
Badai Harvey yang bergerak lambat mampu menghasilkan curah hujan sekitar 76 - 101 mm per jam dan membanjiri daerah tersebut.

Ratusan Ribu Warga Hidup Tanpa Listrik

Lebih dari 300.000 warga di Pantai Gulf Texas tak terakses listrik sejak pukul 14.00 Sabtu kemarin.
Puluhan tornado terbentuk pada Sabtu setelah Badai Harvey tiba di Texas. Kantor National Weather Service di Houston melaporkan 12 twisters terbentuk di kawasan itu.
Sherif Harris County, Ed Gonzales mengatakan, para deputinya melihat sejumlah tornado di pinggiran Houston.

"Kami melihat sejumlah rumah rusak, meski belum dilaporkan ada yang tewas," katanya.
Sementara itu, sekitar 4.500 tahanan di lapas Rosharon, Texas sudah dievakuasi di tengah hujan deras. Dan pada sore harinya penjara itu terendam air sungai hingga 4,5 meter.

(Liputan6)

Related

Dunia 6520724314254386520

Post a Comment

item