'Jangan Percaya Calo CPNS'


www.nusabali.com-jangan-percaya-calo-cpns

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) Asman Abnur melakukan pemantauan langsung proses pelaksanaan seleksi pelamar CPNS untuk Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) di Taman Budaya Bali, Denpasar Senin (11/9) siang.

Menpan-RB Asman Abnur datang bersama rombongan didampingi Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto yang juga selaku ketua panitia seleksi serta Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum dan HAM Wilayah Bali, Maryoto Sumadi. Ditemui di sela pemantauan, Asman menegaskan proses seleksi pelamar CPNS digelar dengan transparan. “Kalau ada yang coba-mencoba atau ada pihak yang mengaku akan bantu memperlancar proses seleksi peserta supaya lulus, berarti Anda sudah ditipu,” tegasnya.

Asman mengungkapkan, untuk keseluruhan saat ini Indonesia membutuhkan 11.000 tenaga baru yang sebagian besar diperuntukkan untuk sipir atau penjaga tahanan di Lapas. “Ini untuk memperkuat ketahanan di lapas maupun rutan mengawasi napi atau tahanan. Sehingga mereka yang lolos nanti akan dilatih oleh prajurit macam Brimob, mental dan supervisinya juga harus jelas,” ujarnya.

Asman juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan proses verifikasi dokumen dan pengukuran tinggi badan untuk pelamar SMA. Jumlah pelamar tingkat SMA dan Diploma mencapai 4.343 orang dengan kuota tersedia hanya 199 orang. Dalam kesempatan tersebut, Asman juga sempat berbincang dengan salah satu pelamar CPNS untuk sipir bernama Putri.

Putri yang baru pertama mengikuti seleksi ditanya kesiapannya menjadi sipir dan harus berhadapan dengan tahanan. “Berani dan siap. Masak bapaknya tentara anaknya tidak berani,” ujarnya menjawab pertanyaan menteri.

Sebelum meninjau tahapan seleksi Kemenkumham untuk pelamar dari jenjang lulusan SMA, Menpan sebelumnya juga memantau pelaksanaan tes kompetensi dasar dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk pelamar dari kategori lulusan S1 di Badan Kepegawaian Nasional Regional X di Denpasar.

Untuk Kemenkumham Bali, jumlah kuota penerimaan CPNS kali ini dari jenjang lulusan SMA dan Diploma sebanyak 199 orang dan dari jenjang lulusan S1 sebanyak 250 orang. Sedangkan jumlah pelamar yang akan memperebutkan kuota tersebut untuk lulusan SMA dan Diploma total sebanyak 4.343 orang, dan untuk pelamar S1 sebanyak 2.760 orang.

Verifikasi berkas asli dan pengukuran tinggi badan dari pelamar akan berlangsung selama enam hari mulai dari Senin (11/9), demikian juga tes CAT juga akan berlangsung selama enam hari ke depan. 

(NusaBali)

Related

Seputar Bali 356862086472557457

Post a Comment

item