Pemkab Klungkung Nganyarin ke Pura Dalem Balingkang kintamani Bangli

 Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan Bakti Penganyar di Pura Dalem Balingkang , Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Minggu (12/11/2017). Bakti penganyar dipimpin bupati Klungkung I Nyoman Suwirta serta dihadiri Wakil Bupati Made Kasta , Sekda Gede Putu Winastra, Kepala Kantor Kementerian Agama Klungkung Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba, SH, M.Si dan segenap Jajaran OPD dilingkungan Pemkab Klungkung.

Bakti penganyar Pemkab Klungkung ini serangkaian Pujawali Pura Dalem Balingkang 2017 yang puncak upacaranya telah dilaksanakan Sukra Paing Dungulan Jumat (3/11) lalu. Bakti penganyar dipuput oleh Mangku setempat.

Pura Dalem Balingkang berdiri pada lahan seluas + 15 hektar di wilayah Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Untuk menuju Pura Dalem Balingkang, pemedek harus turun dari Pura Pucak Penulisan menuju Banjar Paketan di Desa Pakraman Sukawana. Dari Banjar Paketan menuruni jalan berliku dengan panorama indah deretan gunung Batur, gunung Abang, dan gunung Agung menuju Pura Dalem Balingkang.

Ida Bhatara akan katuran dan nyejer sampai rahina Buda Wage Langkir (13/11) mendatang. Terhitung sejak Minggu (5/11) hingga Minggu (7/11) berlangsung ritual penganyar lanjut penyineban (penutupan,red) berlangsung, Senin (13/11) nanti.

Setelah melaksanakan bakti penganyar di Pura Dalem Balingkang, di hari yang sama rombongan Pemkab Klungkung lanjut melaksanakan bakti penganyar di Pura Agung Kentel Gumi. Upacara rangkaian Karya Ngusaba Jagad ini dipuput oleh Ida pedanda gede putra bakas keniten gria Telaga Banjrangkan. Penyineban akan dilaksanakan pada Selasa (14/11) mendatang.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung, Wayan Winata menyampaikan, bakti penganyar ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkab Klungkung di Pura Dasar Bhuwana Gelgel Klungkung. Menurut Winata, bakti penganyar ini ditujukan untuk memohon keselamatan dan kerahayuan jagat, sehingga alam berserta isinya selalu dalam keadaan damai. “Melalui bakti penganyar ini kita memohon keselatan dan kerahayuan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa,” ujarnya.

(HumasKlk)

Related

Warta Semarapura 4357331244936973808

Post a Comment

emo-but-icon

item