Gerak Cepat Penanganan Sampah, Pemkab Klungkung Dengan Sekolah Tinggi Teknik PLN Melakukan Perjanjian Kerjasama

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Pemkab Klungkung Melalui Bupati Suwirta melakukan penandatanganan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN yang ditandatangani oleh Ketua STT PLN Supriadi Legino, terkait tentang penelitian, pengembangan, sosialisasi, pendampingan, konsultasi, pengelolaan, dan pemanfaatan  sampah menjadi energy (Waste Management and Waste to Energy), bertempat di Ruang Rapat Bupati Klungkung, kamis (28/12).

Adapun maksud dan tujuan kerjasama ini yakni menimplementasikan dan mengembangkan tempat olah sampah setempat (TOSS) yang dimanfaat menjadi energy, dan melakukan sinergi program TOSS dengan program Aksi Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif (GEMA SANTI) Pemkab Klungkung sehingga menjadi Program TOSS GEMA SANTI

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sangat menyambut baik tidak lanjut dari launching program TOSS yang sebelumya dilakukan di Lepang. Dengan program seperti ini diharapkan bisa menjadi solusi yang cerdas mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Klungkung. Di lokasi  instalasi pengolahan air lumpur tinja (IPLT) Lepang, harus juga disiapkan tahap-tahapan dalam pengolahan sampah sampai menjadi Pelet siap pakai. Sehingga nanti, saat ada yang ingin tau proses cara membuat pellet sudah tersedia yakni antara lain ada sampah mentah, sampah siap dicacah, sampai proses menjadi pellet dan juga alat-alat yang digunakan. “Sehingga nanti sebelum TPA Sente ditutup masalah sampah sudah selesai,” ujar Suwirta.

Seusai rapat, Arif Hidayat dari STT PLN memberikan web dan aplikasi TOSS GEMA SANTI yang akan dijadikan sebagai sarana online pemberi seluruh informasi tentang program TOSS GEMA SANTI tersebut. Menurutnya, dijaman sekarang dunia maya sangat pesat perkembangannya, jadi kita harus memanfaatkannya sebagai sarana promosi maupun informasi dari program tersebut. “aplikasi program TOSS GEMA SANTI  bisa di download pada playstore pada android anda,” tambah arif sambil memamerkan aplikasi lewat ponselnya.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir General Manager PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan (UP) Bali IGAN Subawa Putra, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  Ida Bagus Sudarsana, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Anak Agung Kirana.


Related

Warta Semarapura 1157074322624685348

Post a Comment

item