Alasan 'Saus' Telur Asin Jadi Populer di Indonesia

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Beberapa waktu belakangan, cita rasa telur asin kembali jadi tren di dunia kuliner. Beragam restoran sampai aneka industri rumahan menghadirkan rasa telur asin dalam berbagai hidangannya. 

Sebut saja ayam telur asin, udang telur asin, spagheti telur asin, keripik telur asin, hingga kulit ikan telur asin merupakan aneka makanan dengan rasa telur asin yang tengah digandrungi saat ini. 

Tak dimungkiri sentuhan rasa telur asin menjadi kenikmatan tersendiri. Di balik kepopulerannya saat ini, telur asin ternyata bukan makanan baru di Indonesia. Rasa telur asin sudah dikenal di lidah keluarga Indonesia. Namun dalam bentuk asli, tak banyak yang meliriknya. 

Namun, nama telur asin kembali tinggi dan naik kelas ini menyeruak berkat adanya inovasi dari para pegiat bisnis kuliner di Indonesia. Dua koki kenamaan Indonesia Sisca Soewitomo dan Ragil Imam Wibowo sepakat akan hal ini.

"Kenapa populer? Ya karena dibangkitkan lagi dengan inovasi dan menjadi masakan zaman now," kata Sisca saat ditemui dalam jumpa media Ubud Food Festival di Jakarta, Jumat (2/3).

Menurut Sisca, telur asin sudah lama mendarah daging dalam masyarakat Indonesia. Sisca menyebut telur asin dahulunya dibuat dengan menggunakan abu gosok bercampur dengan gampar.

Saat ini, pegiat kuliner jeli melihat rasa dan membuat inovasi baru dengan mencampurkan telur asin dengan aneka lauk dan panganan.

Pendapat yang sama juga diutarakan Chef Ragil, salah satu koki selebriti Indonesia.

"Ini tren yang dahsyat ada rasa telor asin. Di Indonesia telur asin kan murah. Sebenarnya itu bukan rasa baru, tapi lebih ke inovasi implementasi rasa telur asinnya kemana-mana," kata Ragil yang baru saja dinobatkan menjadi Chef of the Year versi Jakarta's Best Eat 2018.

Ragil menjelaskan inovasi itu membuat para pengusaha kuliner yang kebanyakan anak muda berkreasi menciptakan hidangan rasa telur asin. Mulai ayam, aneka seafood, keripik, hingga yang fenomenal kulit ikan. 

"Kulit ikan telur asin selain lezat juga kaya dengan Omega 3, berbeda dengan kulit ayam."

Selain rasanya sudah akrab di lidah, penambahan saus telur asin akan membuat rasa makanan jadi lebih unik. Dengan siraman saus telur asin rasa makanan akan terasa lebih gurih dan sedikit asin. 

Kombinasi campuran rasa asin dan gurih ini tak ayal membuat banyak penikmatnya jadi ketagihan.


CNN

Related

Info Unik 2101482615066288322

Post a Comment

item