Lokasabha VI PGSDT Klungkung, Momentum Mempererat Hubungan Pasemetonan


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Menindaklanjuti Mahasabha Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT), PGSDT Klungkung, Minggu (6/5), menggelar lokasabha VI di Banjar Intaran Buug Desa Pikat, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Lokasabha yang mengusung tema ''Melalui Lokasabha VI Para Gotra Sentana Dalem Tarukan Ngiring Tincapang Paiketan Pasemetonan Lan Srada Bakti Ring Betara Kawitan'' dihadiri ratusan perwakilan semeton dari pengurus Para Gotra Sentana Dalem Tarukan dadia, kecamatan, kabupaten, serta pengurus pusat PGSDT Bali.

Ketua panitia Lokasaba VI Wayan Sujana mengatakan, lokasabha PGSDT rutin dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Selain untuk meningkatkan rasa persatuan antar anggota pasemetonan, lokasabha juga dirangkaikan dengan penetapan kepengurusan paruman penglingsir, Pengurus PGSDT Kabupaten, Pengurus PGSDT kecamatan dan Pengurus Lembaga Teknis PGSDT Klungkung, serta penetapan program kerja PGSDT Klungkung masa bakti 2018-2023. “Lokasabha ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali yang juga untuk menentukan pengurus baru,” jelas Sujana.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pengurus Pusat PGSDT, Nyoman Gunawan. Pelaksanaan Lokasaba untuk mempererat tali silaturahmi keluarga PGSDT disamping juga untuk menentukan kepengurusan yang baru PGSDT Klungkung.

Lokasabha yang dibuka staf ahli Bupati Bidang Ekonomi IGN Badiwangsa, ditetapkan sejumlah nama kepenguruan PGSDT Klungkung yang baru. Ketut Sena terpilih menjadi Ketua Pengurus PGSDT Klungkung periode 2018-2023. Ketut Sena terpilih secara aklamasi setelah dalam pemandangan umum sebagian besar semeton PGSDT mendukung Guru Ketut Sena untuk mengemban tugas sebagai Ketua Pengurus PGSDT Kabupaten Klungkung masa bakti 2018-2023.
Dalam lokasabha ini, ditetapkan sejumlah program kerja PGSDT periode yang baru. Di antaranya bidang agama, upakara dan seni budaya, PGSDT Klungkung akan melakukan beberapa temu wirasa pinandita/pemangku dan tukang banten, sosialisasi panca yadnya, pemberdayaan sekaa-sekaa seni di Klungkung dan sejumlah kegiatan budaya lainnya. Selain itu di bidang organisasi, PGSDT Klungkung akan melakukan berbagai kegiatan peningkatan sraddha bhakti umat, mensosialisasikan hasil-hasil lokasabha VI PGSDT Klungkung, pendataan warga semeton PGSDT Klungkung serta memberdayakan badan/lembaga teknis/forum PGSDT. Sementara itu, di bidang sosial ekonomi, PGSDT Klungkung akan membentuk koperasi pasemetonan termasuk mengadakan bakti sosial.
Ketua Pengurus PGSDT Klungkung terpilih Ketut Sena berharap, lokasabha ini dapat menjadi momentum untuk mempererat hubungan pasemetonan serta mampu menata organisasi secara modern berlandaskan konsep tri rna dan tatwam asi menuju Bali yang damai.

Sementara itu, Staf ahli Bupati Bidang Ekonomi IGN Badiwangsa yang mewakili Pjs. Bupati Klungkung dalam sambutannya mengatakan lokasabha ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga timbul rasa damai dalam menjalankan swadharma agama dan swadaharma negara. Selain itu, melalui lokasabha ini, PGSDT Klungkung dapat melaksanakan program kerja sesuai rencana keluarga besar PGSDT dalam menghadapi tantangan di era seperti sekarang ini. “Program yang baik haruslah dapat derus ditingkatkan, sehingga menimbulkan satu tujuan yang sama antar keluarga PGSDT,” ujar Badiwangsa.

Related

Warta Semarapura 1787875591494222758

Post a Comment

emo-but-icon

item