Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Panganyar

www.nusabali.com-pemkab-klungkung-ngaturang-bakti-panganyar

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali     Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Panganyar di Pura Kahyangan Jagat Puser Saab, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Hadir Kabag Kesra Setda Klungkung Wayan Winata, Camat Nusa Penida Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, beserta instansi terkait lainnya, Sukra Pon Medangsia, Jumat (22/6).

Ketua Panitia Ketut Sutama mengampaikan, pujawali ini berlangsung selama tiga hari dan penyineban akan dilakukan pada Sabtu (23/6) hari ini. Bakti penganyar dipuput oleh Jero Mangku Made Kecap, yang diawali dengan menghaturkan banten-banten yang sudah dibawa oleh pamedek pura.

Seusai persembahyangan Pemkab Klungkung melalui Camat Nusa Penida Gusti Agung Gede Putra Mahajaya menyerahkan dana punia kepada ketua panitia pujawali Pura Kahyangan Jagat Puser Saab. 

Sebelum sembahyang ke pura utama yakni Pura Puser Saab, rombongan melakukan persembahyangan terlebih dahulu di pura Batu Paras dan Pura Ratu Gede Dalem Slimpet.

Pura Puser Saab, di Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, menyimpan sejumlah arca unik yang berusia ratusan tahun. Selain itu kondisi pura dan panyengker pura berbahan batu paras (padas) ini, juga masih terjaga dengan apik. 

Pura ini merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan. Pura Puser Saab terdiri dari tiga pelaban Pura yakni di bagian timur Pura Batu Paras, di bagian selatan Pura Ratu Gede Dalem Selimpet dan di bagian tengah Pura Puser Saab.




































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Warta Semarapura 201888539831879667

Post a Comment

item