Konstruksi Jalan Jayapura-Wamena Rampung Akhir 2018

Konstruksi Jalan Jayapura-Wamena Rampung Akhir 2018

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Pengerjaan proyek pembangunan jalan trans-Papua ruas Jayapura-Wamena dipastikan rampung pada Desember 2018, dengan kondisi jalan padat tahan cuaca.

Panal Banjarnahor, Direktur PT Paesa Pasindo Engineering selaku kontraktor mengatakan pengerjaan jalan sepanjang 585 kilometer itu dipastikan selesai tepat waktu, karena alat berat sudah dikerahkan untuk mendukung pengerjaannya.

Panal menyebutkan perusahaannya hanya mengerjakan sepanjang 12,5 kilometer yang sebagian besar berupa pengerjaan badan jalan. Beberapa titik infrastruktur trans-Papua ini menggunakan jalan baru, karena sejumlah faktor menyebabkan jalan lama tak lagi dapat dilintasi.

Ada beberapa lokasi yang terpaksa harus dipindahkan guna memudahkan para pengendara saat melintasi ruas jalan tersebut. Lokasi tersulit berada di segmen 1B menuju jembatan Kali Kill atau Kali Edan yang memiliki tingkat kecuraman mencapai sekitar 70 derajat.

Namun, secara keseluruhan tidak ada kendala dalam proses pengerjaan, kecuali masalah cuaca dan maraknya masyarakat yang melintas.

"Aktivitas masyarakat yang melintas cukup mengganggu pengerjaan jalan, seperti mobilnya tertanam atau lainnya," kata Banjarnahor seperti dikutip Antara, Senin (17/9).
Kontraktor lain, Marwan Virgana dari PT.Virgana Putra Perkasa memastikan pengerjakan ruas jalan yang menjadi tanggung jawab perusahaannya selesai pada Desember 2018.

"Kami akan mengerjakan semaksimal mungkin, sehingga jalan tersebut layak dilewati walaupun belum diaspal," kata Marwan.

Sebagai informasi, jalan trans-Papua rute Jayapura menuju Wamena menghubungkan lima kabupaten dan kota yakni Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Jayawijaya.
Dari Wamena nantinya dapat terhubung ke kawasan pengunungan tengah termasuk Dekai di Kabupaten Yahukimo dan Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang yang nantinya terhubung dengan Kabupaten Boven Digul.

































sumber : kompas.com

Related

Berita Ekonomi 6059177291454804017

Post a Comment

emo-but-icon

item