Studi: Sering Lupa Bisa Jadi Tanda Kalian Punya Memori yang Sehat

Ilustrasi Otak

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Mempunyai daya ingat yang kuat merupakan salah satu kemampuan yang diinginkan banyak orang. Sehingga kelemahan sejumlah orang yang pelupa sering kali dianggap remeh.
Padahal justru sebaliknya, baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang pelupa sebenarnya bisa jadi tanda bahwa sebenarnya mereka memiliki kemampuan memori yang lebih sehat.
Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Universitas Toronto. Hasil studi mereka menyebutkan bahwa sering lupa menaruh benda justru di sisi lain dapat membuat ingatanmu semakin kuat. Dua orang peneliti, Paul Frankland dan Blake Richards yang memusatkan penelitian mereka pada memori otak menyebutkan bahwa sebenarnya memori atau ingatan kita, paling baik digunakan saat mengambil keputusan.
Biasanya memori itu tepat jika digunakan saat memegang informasi berharga sehingga kita kerap melupakan sesuatu selain informasi tersebut.
"Menjadi penting bagi otak unttuk melupakan detail-detail yang tidak relevan dan berfokus pada hal penting yang membantu kita mengambil keputusan di dunia nyata," ujar Richards, dilansir dari Unilad.
Untuk mendukung hal itu, studi yang pernah dilakukan Frankland juga melibatkan bahwa otak tikus menemukan sel-sel otak baru dan membentuk hippocamus sehingga semua memori dan koneksi lama ditimpa.
Dengan kata lain hal yang sama terjadi juga pada otak manusia. Ketika kita lupa, memori lama yang sebenarnya tidak penting dapat dihapus oleh otak dan digunakan kembali untuk mengisi informasi yang baru untuk disimpan.
Di sisi lain, penelti juga melihat sebenarnya melupakan sesuatu juga bukan menjadi hal yang buruk. Ketika otak melupakan hal-hal spesifik tentang peristiwa masa lalu namun kita masih sedikit mengingat gambaran besarnya, itu justru berguna.
Peneliti percaya bahwa hal ini memungkinkan kita untuk menggeneralisir pengalaman sebelumnya dengan lebih baik. Jadi melupakan beberapa hal yang baru-baru ini terjadi mungkin bukan jadi masalah. Justru bisa menjadi tanda sebagai sistem memori otak kita bekerja secara sehat.
Di samping itu, penelitian ini tidak termasuk pada seseorang yang kelupaaan sepanjang waktu yang mungkin ada kaitannya dengan gangguan pada memori otak mereka.
Dengan kecanggihan teknologi saat ini sudah menjadi lebih mudah bagi banyak orang saat ini untuk tidak menyimpan banyak informasi pada memori otak kita kita. Mulai dari tanggal, acara hingga nomor telepon bisa diingatkan melalui aplikasi ponsel dan gawai lainnya.
Namun jika kamu tertarik untuk membuat daya ingatmu lebih kuat kamu bisa mengambil hobi baru yang melibatkan latihan otak. Aktivitas tersebut meliputi belajar bahasa, alat musik, serta olahraga dipercaya dapat meningkatkan ingatan kita.


























sumber : liputan6.com



Related

Info Unik 4825329294171395603

Post a Comment

item