Pimpin Aksi Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ke-7, Bupati Suwirta Minta Para Distributor Turut Bertanggung Jawab Terhadap Sampah Plastik

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta kembali memimpin aksi perburuan sampah plastik di Kabupaten Klungkung Jumat (18/10). Aksi yang ke tujuh kali ini mengambil tempat dipelabuhan Kampung Kusamba Kecamatan Dawan. Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini merupakan program Pemerintah Provinsi Bali yang dicetus Gubernur Bali Wayan Koster guna memerangi sampah plastik di seluruh Bali.

Dalam amanatnya Bupati Suwirta mengatakan setiap bulan sekali telah menyelenggarakan perburuan plastik, kegiatan ini selain untuk melakukan pembersihan, juga untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk turut memberantas sampah plastik dari lingkungan masing masing. Namun kenyataannya masih banyak ditemukan sampah plastic berserakan. Menurutnya hal ini menandakan tingkat kepatuhan dan partisipasi masyarakat masih masih rendah. “ Kegiatan perburuan sampah plastic ini telah rutin kita lakukan, namun sampah plastic masih dengan mudah kita temui,  ini menunjukan kepatuhan dan partisipasi warga dalam mengurangi sampah plastic masih rendah. ” Ujar Bupati Suwirta
Atas kondisi itu, Bupati Suwirta perintahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan untuk merancang himbauan kepada masyarakat supaya membuang sampah plastic dengan benar serta merancang sebuah sistem dimana akan ada petugas yang akan menuntaskan sampah plastic. Dirinya juga menghimbau dinas terkait untuk memberlakukan denda Tindak Pidana Ringan (Tipiring) kepada pelaku pembuangan sampah sembarangan.  “Saya berani keluarkan dana Rp 10 miliar demi menciptakan kebersihan ketimbang kehilangan 100 milar akibat kondisi lingkungan kita seperti ini terus, dimana para wisatawan akan tidak betah yang menyebabkan pendapatan akan berkurang.”pungkasnya.
Dalam aksi kali ini, selain mengumpulkan sampah plastic, Bupati Suwirta juga perintahkan Dinas LHP supaya mensortir sampah plastik berasal dari produk apa saja. Selanjutnya para distributor akan dipanggil guna turut bertanggung jawab, ditengah berbagai upaya dan kesulitan yang dialami pemkab Klungkung dalam memerangi sampah plastic.
Aksi Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik dimulai pada pukul 7.30 wita. Ribuan peserta yang terdiri dari TNI, Kepolisian, ASN lingkungan Pemkab Klungkung serta siswa setingkat SMA/SMK dilepas Bupati Suwirta di area Parkir Pelabuhan Kampung Kusamba Kecamatan Dawan. Selanjutnya ribuan peserta bergerak menyebar mengambil sampah plastic dilokasi yang telah ditentukan. Lokasi sepanjang jalan Baypass IB Mantra dari wilayah Desa Tangkas hingga ujung timur jalan Baypass IB Mantra yakni diwilayah Desa Kusamba.
Dalam aksinya kali ini Bupati Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta, anggota FORKOMPINDA serta beberapa staf Humas dan Protokol yang turut mendampingi ikut memungut sampah plastik.

Sumber : Humas Klungkung

Related

Warta Semarapura 2838617738343865819

Post a Comment

emo-but-icon

item