Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Membersihkan telinga dengan cotton bud adalah kegiatan yang sudah lumrah dilakukan untuk mengeluarkan kotoran di dalam telinga. Tetapi apakah Anda mengetahui risiko atau bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud

Dilansir dari beberapa situs, berikut penjelasan beberapa risiko atau bahaya cotton bud terhadap telinga.
Meski cepat dan praktis, memakai cotton bud bisa menimbulkan bahaya yang tidak main-main. Kotoran telinga memang akan keluar bersama cotton bud, tapi di saat yang bersamaan juga akan mendorong sisa kotoran lainnya yang tidak terangkut di kapas cotton bud. Sehingga ada kotoran yang semakin masuk jauh ke dalam telinga.


Hal itu bisa menyebabkan penumpukan kotoran di dalam telinga. Hal itu bahkan disebut bisa menimbulkan rasa sakit dan kesulitan pendengaran.
Ketika sudah mengalami kejadian seperti itu disarankan untuk mencari bantuan medis dari pada mencoba membersihkannya dengan benda asing yang Anda masukkan ke dalam telinga.

Sebenarnya apa pun benda yang masuk ke dalam telinga dapat membahayakan kesehatan telinga. Gendang telinga adalah bagian paling vital yang mempunyai tekstur halus dan lembut sehingga rentan robek jika bergesekan dengan benda asing.
Jika cotton bud bergesekan dengan gendang telinga, tentu bisa berpotensi merobek gendang telinga. Ini bisa menyebabkan gangguan pendengaran sementara maupun permanen. Pendarahan pun bisa saja terjadi dalam skenario tertentu.

Jika sudah sampai mengalami gangguan pendengaran atau rasa sakit yang berulang di dalam telinga, segeralah periksa ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) untuk mendapatkan penanganan medis agar tidak memperparah keadaan telinga.













sumber : CNNIndonesia.com

Related

Gaya Hidup 1229651739724076719

Post a Comment

emo-but-icon

item