Bupati Suwirta Minta Guru Berinovasi

www.nusabali.com-bupati-suwirta-minta-guru-berinovasi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Bupati minta kepada para guru berinovasi sebagai wujud penerapan metode ‘Merdeka Mengajar’, sebagaimana dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Kegiatan tersebut serangkaian peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia) dan menyemangati para insan pendidikan dalam menciptakan generasi cerdas dan berkarakter. Bupati Suwirta menegaskan, metode ‘Merdeka Mengajar’, menjadikan beban guru lebih berat dari yang sebelumnya. ‘Merdeka Mengajar’ bermakna otonomi dalam dunia pendidikan. Artinya,  pengelolaan cara belajar diberikan pada kebebasan masing masing guru. ‘’Para guru juga wajib berinovasi dan terobosan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari Merdeka Mengajar," ujarnya.
Menurut Bupati, dengan metode baru itu, Pemkab  akan lebih mudah menilai dan mengevaluasi para guru. Mana guru yang layak diberikan reward/penghargaan, dan mana yang pantas dipunishment/sanksi. Jelas Bupati Suwirta, membangun sebuah bangsa, kekuatan terbesar yang dibutuhkan adalah SDM. Oleh karena itu, jangan pernah lelah dalam  mengisi, mengajar dan saling mengingatkan. "Sehingga SDM yang lahir akan mempu berkontribusi untuk pembangunan Klungkung," ujarnya.

Untuk menciptakan SDM berkualitas dan berkarakter, Bupati Suwirta menekankan pada  religiusitas yakni menebalkan kepercayaan kepada Tuhan. Salah satu caranya, berdoalah sebelum sebuah kegiatan. ‘’Dengan berdoa maka otak akan merefleksikan tindakan sebagaimana yang diharapkan dalam doa,’’ ujarnya.

Selain meningkatkan rasa memiliki, Bupati Suwirta juga minta para guru mengamalkan makna kata ‘pasaja’. Pasaja berarti kesungguhan atau wujud keseriusan dalam menekuni sebuah pekerjaan. Hal ini  patut ditanamkan di dalam setiap usaha dan kewajiban. Para guru juga supaya sopan berpenampilan. Karena penampilan sangat berpengaruh dalam upaya menarik perhatian pendengar atau lawan bicara utamanya para murid. Kepada Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan, Bupati Suwirta menugaskan untuk mengkaji ulang tunjangan para kepala sekolah (kasek) dan pengawas. Selain itu, mengkaji sistem pengupahan dan penggajian guru serta menggantinya  dengan sistem yang lebih proporsional dan professional. Namun kajian itu tetap menyesuaikan PAD Klungkung. ‘’Jika PAD Klungkung meningkat, maka akan ada peningkatan tunjangan bagi para insan pendidikan,’’ jelasnya.

Pertemuan juga diisi sosialisasi tentang BPJS Ketenagakerjaan oleh petugas BPJS, I Gusti Ngurah Agung Gde Putra Nandika dan BPJS Kesehatan oleh Gusti Ayu Kadek Tutik Agustyari. Hadir dalam acara itu, Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum I Wayan Sumarta. 















sumber ;nusabali.com

Related

Warta Semarapura 8844237523348907259

Post a Comment

emo-but-icon

item