Fakta Unik Restoran Cepat Saji KFC yang Belum Banyak Diketahui

ilustrasi gerai KFC. (Dok. Denvit/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Restoran cepat saji KFC yang sebelumnya dikenal sebagai Kentucky Fried Chicken sangat umum di telinga karena ayam gorengnya yang lezat. Waralabanya kini dapat ditemukan di 130 negara di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 21.000 lokasi, bisa dikatakan bahwa Anda tidak pernah tinggal terlalu jauh dari KFC. Kemudian perpaduan dari campuran bumbu dan rempah-rempahnya yang lezat sangat dikenal -- meski bumbunya masih menjadi rahasia.

Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka pernah mencicipi ayam di KFC dan hampir semua orang dapat mengenali Kolonel Harland Sanders.

Meski begitu, kebanyakan orang tidak tahu bahwa jaringan restoran ayam ini ternyata memiliki sejarah yang penuh warna.

Mengutip dari laman Mashed, Rabu (21/9/2022) inilah beberapa fakta unik tentang restoran cepat saji yang terkenal di seluruh penuru dunia tersebut: 

Kolonel Sanders Belajar Memasak Saat Masih Kecil.

Kolonel Sanders, pendiri KFC yang ikonik, mulai memasak ketika dia masih kecil. Menurut New Yorker, setelah ayahnya meninggal, Sanders muda  -- kala itu berusia 6 tahun -- sudah melakukan aktivitas di dapur.

Sementara ibunya harus mengambil pekerjaan tambahan dan menghabiskan banyak waktu jauh dari rumah.

Matematika Membuatnya Putus Sekolah

Secara keseluruhan, Sanders hanya memiliki sedikit pendidikan formal dan masa kecil yang berat.

Ketika ibunya menikah lagi, ia dipaksa keluar dari rumah karena ayah tirinya tidak menginginkan anak-anak di sekitarnya. Sanders yang saat itu berusia 12 tahun mulai bekerja di sebuah peternakan, mendapatkan upah bulanan ditambah fasilitas kamar untuk tinggal. Pada awalnya, dia menyeimbangkan pekerjaan dengan sekolah, tetapi menyerah ketika hendak naik ke kelas tujuh.

Dimulai di Sebuah Bengkel

Sanders memiliki banyak pekerjaan sebelum ia mulai membuat ayam. Beberapa pekerjaan yang pernah ia lakukan adalah sebagai buruh tani, kondektur trem, pemadam kebakaran, dan salesman asuransi. Pada awal tahun 1930-an, Sanders memiliki ide untuk KFC.

Seorang pelanggan mengeluh bahwa tidak ada makanan yang enak di sekitarnya, jadi Sanders memutuskan untuk kembali pada keterampilan memasaknya dan mengubah ruang penyimpanan di sebuah stasiun layanan menjadi restoran kecil.

Pendiri Wendy's Memainkan Peran Kunci

Ember ayam KFC seperti yang kita ketahui tidak akan ada tanpa bantuan dari Dave Thomas. Dia adalah karyawan kunci di tahun-tahun awal KFC dan memberikan ide untuk ember ayam bergaris-garis merah dan putih yang ikonik.

KFC Jadi Hidangan Natal Tradisional di Jepang

Jika Anda menghabiskan Natal di Jepang, jangan terkejut ketika tak ada makan malam kalkun atau ham. Biasanya orang akan merayakannya dengan makan KFC, menurut Smithsonian Magazine.

Benarkah Bersaing Tim Bisbol Jepang?

KFC bukan satu-satunya ekspor khas Amerika yang menarik perhatian di Jepang, karena bisbol juga sangat populer di sana. Misalnya, tim profesional yang berbasis di Osaka yang dikenal sebagai Hanshin Tigers memiliki tradisi di mana para penggemar merayakan kemenangan besar dengan berdandan seperti bintang tim dan melompat ke Sungai Dotonbori, menurut NBC News. 

Perubahan Nama

Perusahaan ini awalnya bernama Kentucky Fried Chicken, tetapi nama resminya sekarang adalah KFC. Meskipun ada klaim bahwa nama itu diubah untuk menghilangkan kata "digoreng," sehingga membuatnya tampak lebih sehat.

Rasa Benci Kolonel Sanders 

Berdasarkan Biografi, Sanders menghasilkan jutaan dolar dari penjualan KFC, tetapi tidak butuh waktu lama baginya untuk menyesali keputusannya. Setelah mengunjungi waralaba di New York City, Sanders mengatakan bahwa itu adalah "ayam goreng terburuk yang pernah saya lihat."

Jaga Rapat Resep Rahasia

Sementara resep ayam KFC disimpan, pengguna Twitter yang cerdas memperhatikan sesuatu yang menarik tentang akun KFC. Perusahaan ini hanya mengikuti 11 akun, yang signifikan karena resep khas mereka terdiri dari 11 bumbu dan rempah-rempah.



Sumber : Liputan6

Artikel Asli

Related

Info Unik 254654342159197298

Post a Comment

emo-but-icon

item