Apel Peringati Hari Puputan Klungkung ke-109 dan HUT Kota Semarapura ke-25 Tahun 2017

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Puncak peringatan Hari Puputan Klungkung ke-109 dan HUT Kota Semarapura ke-25 Tahun 2017 ditandai dengan menggelar Apel di Lapangan Puputan Klungkung, Jumat Pagi (28/4). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Klungkung Nyoman Suwirta memimpin Apel. Apel ini juga dihadiri Wakil Bupati Klungkung Made Kasta, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Wayan Baru, Ida Dalem Semaraputra, jajaran (OPD) Organisasi Perangkat Daerah, Jajaran TNI/Polri serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang dibacakan Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyampaikan peringatan Hari Ulang Tahun pada hakikatnya merupakan momentum untuk mensyukuri prestasi yang telah diraih, evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan program baru. Oleh karena itu peringatan hari jadi harus disikapi secara arif dan bijaksana sebagai reflaksi bagi masyarakat tanpa meluapkan perjuangan para pendahulu kita. Peristiwa Puputan Klungkung merupakan satu diantara peristiwa heroik dan patriorik yang ditunjukkan Raja dan seluruh rakyat Klungkung dalam membela kdaulatan dan kehormatan kerajaan dari cengkraman penjajah Belanda.

Gubernur Mangku Pastika menilai tema peringatan yaitu “Dengan Semangat Puputan Klungkung Kita Gelorakan Nilai-Nilai Kepahlawanan Melalui Aksi Gema Santi” sejalan dengan semangat masyarakat Klungkung untuk mewujudkan masyarakat yang santun, inovatif, unggul dan sejahtera. Tema ini juga mengingatkan dalam pelaksanaan pembangunan daerah harus dilandasi dengan perilaku “Menyama Braya” dan secara terintegrasi diimplementasikan mengikuti filosifis “Tri Hita Karana”. Maka dari itu diharapkan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Klungkung bahu membahu dengan dilandasi oleh semangat integritas, etos kerja dan gotong royong untuk mewujudkan Klungkung yang Unggul dan Sejahtera.

Sementara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyampaikan perayaan HUT Puputan Klungkung ini mengusung nilai-nilai kedaulatan dengan semangat program aksi “Gema Santi” Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif. Dengan program aksi Pemerintah Kabupaten Klungkung ini, Bupati berharap dengan nilai-nilai kesantunan ini kita bisa bekerja mengisi pembangunan ini yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita. “Tingkatkan selalu rasa semangat kita, terutama semangat nasionalisme kita bersama agar pembangunan di Kabupaten Klungkung bisa berjalan dengan baik dan lancar”, harap Bupati Suwirta

Diakhir melaksanakan Apel, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyerahkan piala kepada para pemenang lomba serangkaian HUT Puputan Klungkung dan bantuan kepada warga miskin.

(Humasklk/puspa)

Related

Warta Semarapura 6275913423516044688

Post a Comment

item