Hadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017, Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Berperilaku Pola Hidup Sehat

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Selalu budayakan perilaku hidup yang bersih dimulai dari lingkungan keluarga dengan didukung Gerakan Hidup Sehat (GERMAS), hal demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017 bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania Kabupaten Klungkung, Kamis (30/11/2017).

Dalam sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr Nila Farid Moeloek yang dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Secara berkesinambungan dengan target/fokus kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari Profil Kesehatan Keluarga. Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan Kabupaten/Kota yang pencapainnya 100%.

Bupati Suwirta juga menambahkan upayanya untuk membangun Kabupaten Klungkung salah satunya di bidang kesehatan tertuju pada pentingnya memerangi sampah dimana sampah merupakan hal yang paling penting untuk dicegah. Bupati sudah menugaskan agar para Perbekel di masing-masing Desa untuk bersama-sama mengatasi sampah. Pola pikir hidup masyarakat juga harus dirubah agar mau ikut serta menjaga kebersihan lingkungan, sehingga pola hidup sehat bisa kita wujudkan. “Mari bersama-sama tanamkan pola hidup sehat,” Harap Bupati Suwirta.

Ketua Panitia Kegiatan I Nyoman Murtika menyampaikan Tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Tahun 2017 yaitu “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku” ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarha sebagai tempat pertama. Kemudian didukung dengan Gerakan Hidup Sehat (GERMAS) untuk mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat membentuk bangsa yang kuat. Adapun kegiatan yang sudah dilakukan antara lain lomba pemberantasan sarang nyamuk antar sekolah, lomba senam sehat bugar untuk instansi kesehatan dan ibu ibu PKK, seminar tentang bahaya rokok dan narkotika, pemeriksaan IVA, launcing GERMAS dan senam bersama.

Dalam Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017 dihadiri Ketua PKK Kabupaten Klungkung Ny, Ayu Suwirta, Kepala Dinas Kesehatan Klungkung Ni Made Adi Swapatni serta undangan instansi terkait lainnya.

(HUMASKLK/Pus)

Related

Warta Semarapura 3002597904157359700

Post a Comment

emo-but-icon

item