Krama Desa Pakraman Karang Gelar Karya Ngenteg Linggih

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Krama Desa Pakraman Karang, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida menggelar Karya Mamungkah, Mecaru Rsi Gana, Mupuk Pedagingan, Melaspas, Ngenteg Linggih dan Mapedudusan Alit di Pura Desa setempat pada Rahina Buda Kliwon Dungulan, Rabu (1/11/2017). Penganyar berlangsung selama tiga hari dengan Upacara Nyineb pada Saniscara Pon Dungulan, Sabtu (4/11/2017).
Upacara penganyar dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Dipimpin Pemangku Pura, Bupati Suwirta mengikuti persembahyangan bersama krama setempat, Kamis (2/11/2017).
Pantia Karya, Nyoman Lama menyampaikan, karya digelar bertepatan dengan Pujawali di Pura setempat. Pura ini diempon sekitar 200 kepala keluarga. Menurut Lama, prosesi karya dimulai sejak Sukra Wage Wariga, 6 Oktober dengan upacara Nanceb Taring yang dipuput Pemangku Pura. Prosesi dilanjutkan dengan Melasti di Pura Batumedau pada Anggara Wage Dungulan, 31 Oktober. "Puncak karya dilaksanakan saat Pujawali pada Rahina Galungan atau Buda Kliwon Dungulan," sebutnya.
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengapresiasi semangat krama dalam melaksanakan yadnya. Menurut Bupati, segala kegiatan yadnya harus didasari dengan rasa tulus iklas sehingga semua prosesi dapat berjalan dengan baik dan lancar. "Mari landasi yadnya ini dengan tulus iklas," ajaknya.
Dihadapan krama Desa Pakraman Karang, Bupati memaparkan berbagai perkembangan pembangunan di Nusa Penida khususnya dan Kabupaten Klungkung pada umumnya. Keberhasilan pembangunan disegala bidang ini menurut Bupati merupakan keberhasilan pembangunan masyarakat Klungkung secara menyeluruh. 

(hmsklk/nom)

Related

Warta Semarapura 4044493742419165152

Post a Comment

item