Dishub Rekayasa Arus Lalu Lintas

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Kabid Pengendalian dan Operasional Dishub Denpasar, I Ketut Sriawan saat dikonfirmasi Selasa (26/12) menjelaskan, dalam pelaksanaan Denfest X, arus lalu lintas yang akan dialihkan yakni Jalan Gajah Mada tepatnya dari simpang Jalan Krisna-Jalan Gajah Mada ke timur dan Jalan Veteran dari Catur Muka hingga simpang Jalan Karna-Jalan Durian akan ditutup total selama gelaran Denfest.

Sriawan mengatakan, saat Denfest berlangsung pihaknya memastikan akan terjadi penumpukan kendaraan lantaran antusiasnya masyarakat untuk mengunjungi gelaran akhir tahun di pusat Kota Denpasar ini. Maka dari itu, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas dan penyediaan kantong parkir juga dilaksanakan untuk mengantisipasi macet yang berkepanjangan.

Dari arah barat, yakni Jalan Gajah Mada, jika terjadi penumpukan jumlah kendaraan di simpang Jalan Sumatera-Jalan Arjuna, maka pengalihan arus akan dilaksanakan mulai di simpang Jalan Sulawesi-Jalan Kartini. “Hal ini  untuk meminimalisir jumlah kendaraan yang menuju ke timur sampai di simpang Jalan Arjuna-Jalan Sumatera,” paparnya

Lebih lanjut dikatakan, untuk arah Selatan, pihaknya akan melakukan sistem buka tutup untuk kendaraan yang akan melintas di Jalan Sudirman menuju Jalan Surapati, hanya saja itu diberlakukan saat pembukaan dan penutupan saja. Kalaupun nantinya terjadi kemacetan di simpang Jalan Sugianyar-Jalan Beliton, maka kendaraan yang berasal dari arah Jalan Hasanudin akan dialihkan menuju Jalan Sutoyo dan yang dari arah Jalan Sugianyar akan dialihkan menuju Jalan Letda Made Putra.

Untuk arah Utara,  akan dilaksanakan pengalihan arus di sekitar simpang Jalan Kepundung-Jalan Durian untuk mengurai kemungkinan adanya penumpukan kendaraan saat pelaksanaan Denfest. “Nanti kalau terjadi macet, maka arus dari Jalan Kedongdong menuju Jalan Durian akan ditutup,” bebernya.

Sedangkan untuk kantong parkir, Dishub Denpasar menyediakan sedikitnya 11 kantong parkir yang berada di sekitar lokasi Denfest. Yakni parkir undangan VIP berlokasi di Halaman Kodam IX Udayana, sedangkan untuk para pengunjung tersebar di masing-masing arah, seperti di Sentral Parkir wisata, Jalan Sulawesi, Jalan Kartini, Jalan Sugianyar, Jalan Beliton, Jalan Sutoyo, Jalan Sumatra, Jalan Veteran, Jalan Durian, dan Jalan Kaliasem.

Untuk jumlah personel yang disiagakan selama gelaran Denfest, Dishub mengerahkan 250 personel tiap hari yang dibagi dalam dua shift kerja. Pun demikian, Sriawan menghimbau kepada para pemilik usaha yang berada di zona kantong parkir yang telah ditetapkan selama Denfest berlangsung wajib menaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini adalah untuk mendukung kelancaran dan mengindari terjadinya kemacetan lalu-lintas. “Semua pemilik usaha diharapkan mengikuti peta pengalihan arus lalu lintas selama Denfest, jadi kalau satu arah ya harus diikuti sementara waktu,” harapnya.


sumber : nusabali.com

Related

Seputar Bali 8616568639450522325

Post a Comment

item