Purnama Kawulu, Wabup Made Kasta Hadiri Upacara Pecaruan di Pagutan dan Akah

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bertepatan dengan rahina Purnama Kawulu, Wakil bupati Klungkung Made Kasta menghadiri upacara Mecaru melaspas lan mendem pedagingan di Pura Paibon Pande Akah, Dusun Sangging, Desa Akah Rabu (31/1). Didampingi Ny. Sri Kasta kehadiran Wabup Kasta disambut hangat puluhan pengempon pura .

Upacara Yadnya yang bertujuan untuk mensucikan seluruh palinggih baru ini, dipuput oleh Ide Sri Mpu Ganda Wani Griya Gelgel. Para pengempon yang berjumlah 40 kepala keluarga ini sebelumnya telah melakukan renovasi terhadap seluruh palinggih pura dengan menghabiskan total biaya sebesar Rp 185 juta. Rp 105 juta merupakan bantuan Pemda Klungkung, sisanya sebesar Rp 80 juta berasal dari kas, sumbangan serta urunan para pengempon pura.
Selain di Pura Paibon Pande Akah, sebelumnya dihari yang sama Wabup Kasta juga menghadiri upacara   melaspas dan mendem pedagingan gedong penyimpenan pura Dalem Puncak Manik di Dusun Pagutan Desa Banjarangkan. Klian Dusun Pagutan Kadek Setiawan mengatakan Gedong penyimpenan sebelumnya telah dilakukan perbaikan secara menyeluruh dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 100juta. Dana berasal dari bantuan Pemda Klungkung sebesar Rp 60 juta dan sisanya berasal dari urunan masing masing kepala keluarga pengempon yang berjumlah 40KK. Upacara ini dipuput oleh Ida Peranda Gede Manuaba dari Griya Gede Tusan.
Wabup Made Kasta dalam kesempatannya berharap seluruh rangkaian upacara dapat berjalan lancar dengan dilandasi semangat kekeluargaan dan gotong royong. Bantuan yang diberikan Pemkab Klungkung kepada masing masing pura adalah wujud komitmen Pemkab dalam pelestarian adat dan budaya. Sebagai wujud srada bakti, usai melaksanakan persembahyangan bersama, Wabup Kasta menyerahkan punia kepada bendesa desa Tihingan.

(humasklk/JIM)

Related

Warta Semarapura 6096556707505133302

Post a Comment

item